Anggota pasukan Arab-Kurdi Suriah menempatkan salib di reruntuhan, Raqa, Suriah (AFP)
Anggota pasukan Arab-Kurdi Suriah menempatkan salib di reruntuhan, Raqa, Suriah (AFP)

Yayasan Kepausan Aid to the Church in Need (Bantuan untuk Gereja yang Membutuhkan, ACN) telah meluncurkan kampanye Natal berisi tiga proyek baru untuk membantu umat Kristiani agar tetap tinggal di Suriah, demikian laporan Francesca Merlo dari Vatican News.

Perang di Suriah, yang sudah berlangsung 7 tahun dan menyebabkan 552 ribu kematian, masih belum berakhir. Ketika negara itu sedang dihancurkan, sedikit umat Kristiani, yang sebelum perang pecah jumlahnya sekitar 10% dari populasi, mencoba untuk bertahan hidup.

ACN di Italia telah meluncurkan kampanye Natal mereka. Tiga “hadiah”, sebagai upaya untuk membantu umat Kristiani ini, dengan harapan agar Kekristenan tidak sepenuhnya hilang dari Timur Tengah. Hadiah-hadiah itu mengatasi tiga bidang sulit akibat perang di Suriah: Makanan, Sanitasi, dan Pendidikan.

Makanan

Yang pertama melibatkan distribusi 1.725 paket makanan bagi keluarga-keluarga Kristiani yang hidup dalam kemiskinan absolut. 1.090 dari mereka tinggal di rumah sendiri – meskipun rumah-rumah itu rusak parah akibat perang. Sisanya 635 keluarga tinggal tanpa atap di atas kepala mereka.

Sanitasi

Proyek kedua bertujuan membantu 700 orang di Aleppo yang menderita secara medis. Karena perang yang tak henti-hentinya, banyak sekali orang membutuhkan bantuan medis, untuk luka atau penyakit. Perang tidak hanya menyebabkan penyakit dan luka, tetapi juga menghancurkan setengah dari fasilitas kesehatan yang sebelumnya membantu. Perang menyebabkan kemiskinan, dan ketika kemiskinan membuat Anda berhenti memberi makan keluarga Anda. Perang menghalangi Anda untuk membeli obat.

Pendidikan

Proyek ketiga ditujukan untuk anak-anak, yang paling menderita akibat perang ini. ACN di Aleppo memberikan uang yang diperlukan untuk membangun dan memfungsikan kembali perawatan bayi, yang dihancurkan oleh bom, yang menyambut 15 anak autistik. Di sini, para Suster Misionaris Fransiskan Maria, akan bisa membantu lagi dan mengasihi mereka yang membutuhkannya.

Natal ini, ACN di Italia telah menemukan cara untuk membuat sesuatu yang berbeda bagi umat Kristiani yang menderita sebagai konsekuensi dari ketidakpedulian orang lain. (PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan