cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (53)

Paus Fransiskus dalam Regina Coeli (Ratu Surga) hari Minggu 12 Mei 2019 merenungkan Yesus yang menampilkan diri-Nya sebagai Gembala sejati umat Allah. Paus juga mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada semua Ibu dan mengingat bahwa hari itu adalah Hari Minggu Panggilan.

Paus memusatkan perhatian pada Injil hari itu. Injil ini Yoh. 10:27-30 kata Paus, “mengajak kita menjalani hubungan kita dengan Kristus dengan penuh keyakinan dan keakraban.”

Kepada umat beriman di Lapangan Santo Petrus, Paus mengingat kata-kata Tuhan, “Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku. Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya.” Paus menjelaskan, dengan membaca kalimat ini dengan seksama, “kita melihat bahwa pekerjaan Yesus terungkap dalam sejumlah tindakan: Dia berbicara, tahu, memberikan hidup yang kekal, menjaga.”

Gembala yang Baik, Yesus, “memperhatikan setiap kita, Dia mencari dan mengasihi kita, menyampaikan kepada kita firman-Nya, mengetahui kedalaman hati kita, keinginan kita dan harapan kita, serta kegagalan-kegagalan kita dan kekecewaan-kekecewaan kita,” kata Paus.

Selanjutnya Paus mengatakan, kata-kata kerja dan sikap yang menggambarkan cara yang digunakan Yesus, Gembala yang Baik, untuk berkomunikasi dengan kita disesuaikan dengan kata kerja yang berhubungan dengan domba: “mereka mendengarkan suara saya, mereka mengikuti saya.”

Itulah tindakan-tindakan yang menunjukkan bagaimana kita harus menyesuaikan diri dengan sikap lembut dan perhatian Tuhan,” kata Paus.

Sesudah berdoa Regina Coeli, Paus Fransiskus mengingat bahwa hari itu adalah Hari Minggu Panggilan, yang tahun ini bertema: “Keberanian untuk mengambil risiko demi janji Allah.” Paus juga berbicara tentang kegembiraannya menahbiskan imam-imam baru pada hari Minggu di Basilika Santo Petrus dan mengajak dua dari mereka yang baru ditahbiskan untuk bersama dia menyalami dan memberkati umat beriman di lapangan itu.

Kepada semua ibu, Paus mengirim salam hangat pada “Hari Ibu” ini seraya berterima kasih kepada mereka atas pekerjaan berharga mereka dalam membesarkan anak-anak dan melindungi nilai-nilai keluarga. Kita juga mengenang, “para ibu yang memandang kita dari surga dan terus mengawasi kita dengan doa-doa mereka,” kata Paus. (PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan