Kardinal Lorenzo Baldisseri membacakan "Suarat dari Bapa-Bapa Sinode untuk Orang  Muda" di akhir Misa penutupan.  (Vatican Media)
Kardinal Lorenzo Baldisseri membacakan “Suarat dari Bapa-Bapa Sinode untuk Orang Muda” di akhir Misa penutupan. (Vatican Media)

Sidang Umum XV dari Sinode Para Uskup

SURAT DARI  BAPA-BAPA SINODE UNTUK ORANG MUDA

Kami Bapa-Bapa Sinode sekarang menyapa kalian, orang muda sedunia, dengan kata harapan, kepercayaan, dan hiburan. Pada hari-hari ini, kami telah berkumpul bersama untuk mendengar suara Yesus, “Kristus yang senantiasa muda,” dan untuk mengenali di dalam Dia banyak suara kalian, teriakan kegembiraan kalian, tangisan kalian, dan saat-saat hening kalian.

Kami akrab dengan pencarian batin Anda, sukacita dan harapan, penderitaan dan kesedihan yang melengkapi kerinduan kalian. Sekarang kami ingin kalian mendengar sepatah kata dari kami: kami ingin ikut dalam sukacita kalian, sehingga harapan kalian bisa menjadi nyata. Kami yakin, dengan antusiasme kalian untuk hidup, kalian akan siap terlibat sehingga mimpi-mimpi kalian bisa terwujud dan terbentuk dalam sejarah kalian.

Kelemahan-kelemahan kami seharusnya tidak menghalangi kalian; kelemahan dan dosa kami seharusnya tidak menjadi penghalang bagi kepercayaan kalian. Gereja adalah ibumu; dia tidak meninggalkan kalian; dia siap menemani kalian di jalan yang baru, pada jalur-jalur yang lebih tinggi di mana angin Roh bertiup lebih kuat – menyapu kabut ketidakpedulian, kedangkalan dan keputusasaan.

Ketika dunia yang begitu dicintai Tuhan, sehingga Dia memberi kepada kita Anak tunggal-Nya, Yesus, berfokus pada hal-hal materi, pada kesuksesan jangka pendek, pada kesenangan, dan ketika dunia menggilas orang-orang yang terlemah, kalian harus membantunya bangkit kembali dan sekali lagi mengalihkan pandangannya kepada cinta, keindahan, kebenaran, dan keadilan.

Selama sebulan, kami telah berjalan bersama beberapa orang dari kalian dan bersama banyak orang lain yang telah dipersatukan dengan kami melalui doa dan kasih sayang. Kami ingin melanjutkan perjalanan sekarang di setiap bagian bumi, tempat Tuhan Yesus mengirim kami sebagai murid-murid misionaris.

Gereja dan dunia sangat membutuhkan antusiasme kalian. Pastikanlah orang-orang paling rapuh, orang-orang miskin dan orang-orang terluka oleh kehidupan menjadi teman-teman seperjalanan kalian.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Saksikan videonya:

https://www.youtube.com/watch?v=pm3TZaTM9gA

Artiket terkait:

Bapa-Bapa Sinode menyetujui Dokumen Akhir Sinode untuk Orang Muda

Orang muda peserta sinode berterima kasih kepada Paus Fransiskus dengan sebuah pertunjukan

Paus Fransiskus memberikan suvenir kepada peserta sinode

Tantangan orang muda Indonesia, antara lain, pendidikan, pekerjaan, intoleransi, kata uskup

Orang muda dari Indonesia salah satu penyusun pesan sinode untuk orang muda sedunia

Sinode para uskup: Orang muda kurang digunakan bukan tidak berguna

Tinggalkan Pesan