cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (3)
Paus Paulus VI

Paus Paulus VI meninggal dunia 6 Agustus 1978. Maka, ketika menyalami para peziarah yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk Doa Malaikat Tuhan di hari Minggu, 5 Agustus 2018, Paus Fransiskus mengenang paus yang meninggal 40 tahun lalu itu.

Kanonisasi Paulus VI sedang dipersiapkan dan menurut Paus Fransiskus, “kanonisasinya dijadwalkan berlangsung tanggal 14 Oktober mendatang.” Menurut pengumuman resmi Vatikan di bulan Maret, Misa kanonisasi untuk Paulus VI akan berlangsung pada penutupan Sinode Para Uskup, lembaga yang didirikan oleh Beato Paulus VI sendiri.

Dalam percakapan dengan para imam dan diakon dari Keuskupan Roma, Paus Fransiskus sendiri sudah membenarkan bahwa Paulus VI akan diangkat menjadi orang kudus.

“Kami mengenangnya dengan penuh hormat dan syukur” dan seraya menanti kanonisasi itu, Paus Fransiskus berdoa agar “dari surga, semoga dia menjadi perantara bagi Gereja dan untuk perdamaian di dunia.”

Paulus VI memimpin Gereja Katolik dari tahun 1963 hingga 1978. Beato yang menutup Konsili Vatikan Kedua (1962-65) itu sering disebut ‘Paus modernitas’, karena dia mengatur transisi dalam liturgi, pembinaan seminari, studi teologi, dan banyak bidang kehidupan gerejawi lainnya.

Paulus VI memulai Sinode Para Uskup tahun 1965 dengan tujuan memperluas keterlibatan para uskup seluruh dunia dalam tata pemerintahan Gereja.

Sinode Para Uskup berikut akan berlangsung di Vatikan bulan Oktober dengan tema kaum muda dan panggilan.(paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan