10-Des-KWI-R-702x336

PEKAN ADVEN II 

Santo Miltiades; Beato Marc Antonius Durando;

Santa Perawan Maria dari Loreto

Bacaan I: Yes. 41:13-20

Mazmur: 145:1.9-13b; R:8

Bacaan Injil: Mat. 11:11-15

Pada suatu hari Yesus berkata kepada orang banyak: ”Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar daripada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Surga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Surga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan—jika kamu mau menerimanya—ialah Elia yang akan datang itu. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!”

Renungan

”Engkau sungguh dekat, ya Tuhan, dan segala jalan-Mu benar. Sejak dulu aku tahu dari sabda-Mu bahwa Engkau selalu besertaku.” Antifon pembuka Perayaan Ekaristi hari ini mengingatkan kepada kita bahwa Tuhan selalu menyertai kita. Apa pun keadaan kita, Dia tidak akan meninggalkan kita. Dia dekat dengan kita.

Melalui Nabi Yesaya, Allah mengatakan kepada umat Israel yang sedang dalam pembuangan, ”Janganlah takut. Akulah yang menolong Engkau” (Yes. 41:13). Allah sendiri menjamin bahwa Ia akan selalu mendampingi mereka. Ia tidak membiarkan mereka dalam penderitaan dan kebimbangan. Dia akan selalu menyertai mereka. Janji Allah itu juga ditujukan kepada kita semua. Kelahiran Yesus menjadi puncak dari penyertaan-Nya bagi umat manusia. Yesus adalah Immanuel (Allah-berserta-kita).

Bahwa Allah selalu beserta kita dan menolong kita tidak selalu mudah untuk kita pahami, terlebih jika kita mengalami pengalaman pahit. Keyakinan demikian bisa saja luntur manakala kita berhadapan dengan derita, sakit, dan kegagalan. Peristiwa pahit kadang membuat kita kecewa, patah semangat, putus asa dan merasa Tuhan meninggalkan kita. Hari ini kita diingatkan akan Tuhan yang selalu menyertai kita. Sadarkah kita akan penyertaan Tuhan?

Ya Tuhan, semoga hidupku menjadi kesaksian bahwa Engkau selalu besertaku. Amin.

 

Tinggalkan Pesan