9-Mei-KWI-R-702x336

PEKAN PASKAH V (P)

Santo Sirilus dari Sesarea; Santa Katarina dari Bologna; Santo Gregorius Preca

Bacaan I: Kis. 16:1-10

Mazmur: 100:1-2.3.5:R:1a

Bacaan Injil: Yoh. 15:18-21

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.”

Renungan

Tuhan Yesus selalu mendesak para murid-Nya untuk mencintai sesama sebagai tanda cinta mereka kepada-Nya. Namun, tidak ada jaminan bahwa mereka akan dicintai sebagai imbalannya. Mengapa? Karena murid-murid-Nya harus selalu menolak untuk mengidentifikasikan diri dengan nilai-nilai dan prioritas dunia yang menandai kehidupan banyak orang dewasa ini seperti keserakahan, perebutan kekuasaan, kekerasan, balas dendam, hedonisme dan materialisme.

Tuhan memanggil dan mengutus kita bukan untuk menjadi sama dengan dunia, melainkan berjuang mengubah wajah dunia menjadi serupa dengan wajah-Nya. Kita dipanggil untuk membagi kasih dan tak harap kembali. Cukuplah kasih dan pengorbanan Tuhan bagi kita. Ia menjadi sumber kasih yang harus kita teruskan kepada sesama. Oleh sebab itu, pesan penting lain adalah jangan sampai kita sibuk membangun dan mempererat kasih di dalam komunitas Gereja, tetapi lupa berbuat baik kepada dunia sekitar. Jangan sampai kita sibuk menyelamatkan diri sendiri sampai lalai membawa keselamatan kepada sesama. Mari berlomba mencari Kerajaan Allah agar segala sesuatu diberikan kepada orang lain. Bagi kita? Kristus sudah lebih dari cukup.

Tuhan Yesus Kristus, teguhkanlah selalu panggilan-Mu dalam diriku agar aku mampu mewartakan nilai-nilai Kerajaan Allah: Kebenaran, Keadilan, Sukacita dan Damai Sejahtera. Amin.

 

 

 

Tinggalkan Pesan