33.3 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Santa Agnes dari Montepulciano dalam Mukjizat Keselamatan Hidup Seorang Anak

BERITA LAIN

More
    Gambar: Kisah St Catherine membungkuk untuk mencium kaki Agnes, orang suci itu mengangkatnya ke arahnya. Sumber: Nashville Dominican Sisters.

    PENAKATOLIK.COM. Di Montepulciano, Italia kehidupan dan keajaiban Santa Agnes of Montepulciano telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang selama berabad-abad. Meskipun namanya mungkin terkenal karena insiden yang terjadi bertahun-tahun setelah kematiannya, kisah hidupnya yang penuh dengan kekudusan dan keajaiban masih menginspirasi hingga hari ini.

    Santa Agnes dari Montepulciano mungkin terkenal karena insiden yang terjadi bertahun-tahun setelah kematiannya. Sekitar tujuh puluh tahun setelah Agnes meninggal, St. Catherine dari Siena berziarah ke biara pendiri Dominikan yang dihormati itu. St Catherine membungkuk untuk mencium kaki Agnes, orang suci itu mengangkatnya ke arahnya. Catherine mungkin tidak terlalu terkejut, karena karakteristik ajaib telah menyelimuti kehidupan Agnes.

    Agnes lahir sebagai “anak domba kecil” pada tahun 1268, tidak jauh dari Montepulciano. Sejak usia dini, ia telah menunjukkan keinginan untuk memberikan hidupnya kepada Tuhan dan mengabdikan dirinya untuk melayani-Nya. Bahkan ketika masih kecil, Agnes sering mengunjungi biara-biara di kota, yang memberinya pengalaman mistik yang mendalam.

    Dia mengungkapkan keinginannya untuk memberikan hidupnya kepada Tuhan dan mempraktikkan ajaran saleh sejak usia dini.

    Kadang-kadang, orang tuanya mengabulkan permintaannya untuk mengunjungi berbagai biara di kota. Pada suatu kesempatan, Agnes dan ibunya sedang melewati sebuah rumah yang bereputasi buruk, tiba-tiba sekawanan burung gagak mendatanginya, mematuk dan mencakar gadis kecil itu.

    Ibunya berkata bahwa burung gagak melambangkan kekuatan setan yang terancam oleh kesuciannya. Memang benar, bertahun-tahun kemudian, Agnes diminta untuk mendirikan sebuah biara di tempat itu.

    Di masa remajanya, Agnes bergabung dengan Fransiskan di Montepulciano dan menjadi kepala biara. Serpihan putih kecil berbentuk salib jatuh lembut dari langit sebagai perayaan.

    Serpihan Salib yang terjatuh kemudian keputusannya mendirikan Biara Suster Dominikan

    Ketika Agnes masih remaja, dia mulai bergabung dengan Fransiskan di Montepulciano dan akhirnya menjadi kepala biara. Kehadiran ilahi sering terasa dalam kehidupannya, seperti ketika selembar salib putih jatuh dari langit saat perayaan penting. Bahkan, beberapa serpihan tersebut masih disimpan oleh para suster hingga saat ini.

    Pada tahun 1306, Tuhan mengilhami Agnes untuk mendirikan sebuah biara Dominikan dengan tiga batu yang diberikan oleh Bunda Maria untuk menghormati Tritunggal. Bunda Maria telah berkali-kali mengunjungi Agnes. Pada salah satu kesempatan, dia mengizinkan Agnes untuk menggendong Bayi Kristus, namun Agnes menunjukkan keengganan yang besar untuk mengembalikannya.

    Selama masa hidupnya, Santa Agnes mencari kesembuhan dari beberapa sumber mata air terkenal, meskipun dia sendiri tidak pernah menerima kesembuhan tersebut. Namun, doanya yang tulus membuahkan hasil ketika dia berhasil mengembalikan kehidupan kepada seorang anak yang hampir tenggelam di salah satu mata air tersebut.

    Pada akhirnya, pada tahun 1317, Agnes meninggal di Montepulciano, dan warisan hidup mistiknya terus hidup dalam banyak orang. Hari peringatan Santa Agnes jatuh pada tanggal 20 April, menjadi momen penting bagi Ordo Dominikan dalam peringatan doa-doa mereka. Secara umum Katolik juga merayakan kehidupan dan kekudusan seorang wanita yang penuh kasih dan pengabdian kepada Tuhan.

    By. Samuel- Pena Katolik
    Diolah dari: Nashville Dominican dan
    Buku Dominican Missal and Lectionary

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI