11520033035_bd7a4cf249_b

Paus Fransiskus mengunjungi Paus Emeritus Benediktus XVI di sore hari tanggal 23 Desember 2013 di kediamannya di Biara Ecclesiae Mater (Bunda Gereja), Kota Vatikan, dan melakukan pembicaraan pribadi selama 30 menit.

Menurut Kantor Berita Tahta Suci, Bapa Suci pergi untuk secara pribadi memberikan selamat Natal kepada Paus Emeritus itu. “Setelah doa singkat bersama di kapel, mereka bertemu untuk pertemuan pribadi yang berlangsung sekitar 30 menit di sebuah ruangan di kediaman itu.”

Paus Fransiskus menyalami anggota-anggota rumah tangga Paus Emeritus itu, termasuk Uskup Agung Georg Ganswein, Prefek Rumah Tangga Kepausan dan sekretaris pribadi Benediktus XVI. Bapa Suci juga menyalami “Memores Domini,” anggota awam dari Communion and Liberation yang mengurus rumah tangga Paus Emeritus itu.

Dalam konferensi pers yang diadakan di pesawat setelah Hari Kaum Muda se-Dunia di Brazil, Paus Fransiskus menyamakan kehadiran Benediktus XVI di Vatikan dengan ada “kakek bijaksana tinggal di rumah.”

“Jika ada kesulitan, saya bisa datang dan berbicara dengan dia, seperti yang saya lakukan atas skandal Vatileaks,” kata Paus Fransiskus tanggal 28 Juli 2013, seperti dikutip oleh Zenit.***

11520034635_9fab04efef_b

Tinggalkan Pesan