vatican-pope-s-birthday

Kemarin tanggal 17 Desember 2013, Paus Fransiskus merayakan ulang tahun ke-77 dengan pesta sederhana dalam suasana kekeluargaan dengan para pegawai di kediamannya Casa Santa Marta. Pesta diawali Misa pukul 7 pagi dan dilanjutkan sarapan pagi. Empat orang tunawisma juga diundang.

Kardinal Angelo Sodano yang bertugas sebagai dekan Kolese Kardinal menjadi konselebran Misa itu mewakili para kardinal. Sekretaris Negara Vatikan Uskup Agung Pietro Parolin juga hadir.

Dalam Misa itu Bapa Suci merefleksikan Injil hari itu tentang Silsilah Tuhan Yesus Kristus. Meskipun ada yang mengatakan bacaan bagian itu bagaikan buku telepon, namun Paus Fransiskus mengatakan bacaan itu menimbulkan argumen penting. Bahkan Paus menggunakan kesempatan itu untuk mengingat nama-nama dari beberapa pegawai yang hadir.

Setelah Misa, Paus Fransiskus menyalami semua yang hadir. Ketua Karya Amal Kasih Vatikan Uskup Agung Konrad Krajewski kemudian memperkenalkan kepada Bapa Suci empat tunawisma yang tinggal di lingkungan Vatikan.

Semua yang hadir kemudian menyanyikan lagu selamat ulang tahun dan bersama Paus menikmati sarapan di Casa Santa Marta. Uskup Agung Pietro Parolin juga menyampaikan ucapan selamat dari staf kantornya.

Beberapa informasi yang diperoleh mengatakan bahwa untuk menghormati Paus telah diadakan juga beberapa perayaan di Roma. Centro San Lorenzo, pusat kaum muda Katolik setempat melaksanakan doa dan adorasi untuk Paus Fransiskus. Doa yang dilaksanakan di jalan dari Vatikan itu dimulai tengah malam tanggal 16 Desember dan berakhir di jam yang sama tanggal 17 Desember.

Sebelumnya, anak-anak dan pegawai klinik Santa Marta Vatikan telah merayakan pesta ulang tahun untuk Paus. Pesta itu dilengkapi kue ulang tahun, lilin-lilin, lagu-lagu dan hadiah sweater untuk Paus.

Ada juga yang memberikan hadiah kepada Paus berupa kartu ulang tahun setinggi empat kaki dengan gambar Maria Bunda Pengurai Simpul Masalah (Untier of Knots). Di tahun 1980-an, Paus yang waktu itu mahasiswa bernama Jorge Bergoglio melihat gambar itu di Jerman dan membawa pulang devosi itu ke Amerika Selatan.

Para wartawan yang khusus ditugaskan untuk meliput kegiatan-kegiatan Vatikan dan dikenal dengan nama vaticanistas akan berkumpul dalam perayaan di ‘Campo di Fiori’ Roma untuk menghormati Paus Fransiskus.

Luis Avellaneda, sekretaris gereja masa kecil Paus Fransiskus di Buenos Aires mengatakan kepada Radio Vatikan bahwa meskipun tak ada rencana khusus untuk perayaan di sana, “pasti dalam Misa-Misa hari itu kami akan berdoa. Kami akan berdoa untuk semua intensi Bapa Suci yang bagi kita sangat jauh: kami berada di ujung dunia … Namun kami sangat dekat dengan hati Bapa Suci.”

Kejutan ulang tahun yang spesial untuk Paus datang dalam bentuk kemenangan klub sepak bola favorit Paus yakni  San Lorenzo de Almagro. Ketika diinformasikan mengenai kemenangan mereka, seorang wartawan surat kabar Italia melaporkan bahwa Paus berseru, “wah, senang sekali!”

Beberapa pemain dan menejer klub sepak bola itu berharap bisa menyampaikan tropi kemenangan liga yang baru diraih itu kepada Paus Fransiskus, yang juga merupakan pastor pembimbing mereka.*** (CNA, Zenit, Radio Vatikan)

Tinggalkan Pesan