Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Paus Fransiskus: Jangan Pernah Lelah Memupuk Persatuan Ekumenis

Paus Fransiskus menerima kunjungan delegasi Ekumenis asal Finlandia di Vatikan. Vatican News

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus menerima Delegasi Ekumenis Finlandia. Ia mengenang pentingnya bekerja untuk persatuan umat Kristiani dan rekonsiliasi di dunia. Bertemu di Vatikan dengan delegasi ekumenis dari Finlandia pada hari Kamis, 19/01/2023, Paus Fransiskus berbicara tentang pentingnya menjalankan panggilan bersama. Panggilan ini menurutnya dimiliki oleh semua orang Kristen yang dibaptis dalam Kristus.

Delegasi Ekumenis Finlandia mengunjungi Roma, Italia sebagai bagian dari ziarah ekumenis ketika merayakan Pesta Santo Henrikus, seorang Uskup kelahiran Inggris yang menjadi martir di Finlandia. Santo Henrikus dihormati baik oleh umat Katolik maupun Lutheran, serta beberapa Gereja Protestan dan Anglikan. Bersama dengan anggota Katolik dan Lutheran, delegasi tersebut juga termasuk perwakilan Ortodoks dan Metodis.

Paus Francis memulai pidatonya dengan berterima kasih kepada para pemimpin Kristen Finlandia atas belasungkawa mereka atas kematian Paus Benediktus XVI baru-baru ini. Mengingat perayaan Pembaptisan Yesus baru-baru ini, pada 8 Januari, Paus mengingatkan mereka yang hadir bahwa pembaptisan kita bersama di dalam Kristus memanggil kita untuk mempromosikan rekonsiliasi di antara umat Kristiani, dan di dunia yang terbagi.

“Setelah menerima satu baptisan, kita, sebagai orang percaya, dipanggil terutama untuk mengucap syukur karena, dimulai dengan air baptisan, keberadaan kita sendiri telah diperdamaikan dengan Allah, dengan sesama, dan dengan semua ciptaan. Sebagai putra dan putri yang berdamai, kita dipanggil untuk bekerja tanpa lelah untuk rekonsiliasi di antara kita sendiri, dan menjadi agen rekonsiliasi di dunia kita.”

Paus mengatakan bahwa aspek ini sangat relevan karena Gereja-Gereja di seluruh dunia merayakan Pekan Doa untuk Persatuan Umat Kristiani dari 18-25 Januari, yang tahun ini berfokus pada tema: “Berbuat baik; mencari keadilan” (Yes 1:17).

“Dengan kata-kata itu, kita mendengar gema baptisan kita, yang memanggil kita, dibenarkan oleh anugerah, untuk melakukan pekerjaan keadilan dan menawarkan isyarat kedekatan yang nyata kepada para korban ketidakadilan, marginalisasi dan berbagai bentuk ketidakadilan dan penindasan, terutama perang.”

Mengenang Santo Henrik, Paus Fransiskus menekankan pentingnya mengakui kebesaran persatuan. Ia mendorong untuk berdoa bersama dan bekerja secara intensif untuk mengatasi perpecahan.

Namun, kata Paus, kesadaran akan realitas ini saja tidak cukup. Perlu memupuk semangat sejati yang muncul dari keinginan untuk mengalahkan saksi tandingan yang diberikan oleh perpecahan historis di antara umat Kristiani. Paus mengatakan dibutuhkan semangat yang kuat untuk evangelisasi. Paus mengulangi seruannya untuk tidak pernah lelah mencintai dan, dengan harapan, mencari mereka yang jauh dan untuk memelihara keinginan yang dalam dan bersemangat untuk mewartakan Yesus dan untuk membangun persatuan yang sangat Dia inginkan.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini