26.3 C
Jakarta
Tuesday, May 7, 2024

Peringatan 150 Tahun Guglielmo Marconi, Penemu Radio, Pendiri Radio Vatikan, dan “Penyelamat Korban Titanic”

BERITA LAIN

More
    Guglielmo Marconi dan Paus Pius XI saat meresmikan Radio Vatikan pad 1931. Vatican Media

    ROMA, Pena Katolik – Dunia mengenal Guglielmo Marconi sebagai penemu radio. Namun, Gereja mengenangnya lebih istimewa lagi. Siapa sangka, Marconi jugalah yang mendirikan Radio Vatikan. Media Katolik pertama yang kini menjelma sebagai salah satu kantor berita tebesar di dunia, Vatican Media.

    Menjelang Hari Marconi Internasional dan 150 tahun kelahirannya, kita mengingat warisan Marconi. Ia mendirikan Radio Vatikan pada tahun 1931. Ia juga yang memasang ‘ponsel besar’ di mobil Paus Pius XI yang terhubung ke Vatikan.

    Marconi lahir di Istana Marescalchi di Bologna pada tanggal 25 April 1874. Ayahnya, Giuseppe, adalah seorang pemilik tanah dari Regio Emilia, Italia. Ibunya, Annie Jameson, orang Irlandia, warga negara Inggris, datang ke Italia untuk belajar menyanyi “bel canto”. Ibunya adalah cucu dari pendiri penyulingan wiski Jameson yang terkenal.

    Di antara banyak eksperimennya, Marconi menemukan radio pertama yang dapat mengudara melampaui jarak pandang pada tahun 1895. Ia menerima paten pertama untuk “telegraf nirkabel” miliknya di Inggris. Ia lalu mendirikan “Perusahaan Telegraf dan Sinyal Nirkabel” yang berbasis di London, yang kemudian menjadi Perusahaan Marconi. Dua tahun kemudian, ia membuka cabang di Amerika Serikat, yang kemudian dijual ke General Electric dan menjadi RCA. Hingga akhir hayatnya, Marconi memegang 70 hak paten.

    Nobel untuk Penyelamat Jiwa

    Marconi menerima Hadiah Nobel Fisika, bersama dengan ilmuwan Jerman Karl Ferdinand Braun. Penghargaan ini atas “kontribusinya terhadap pengembangan telegrafi nirkabel”. Dia menerimanya pada bulan Desember 1909 di Stockholm, pada usia 35 tahun.

    Teknologi radionya menjadi wajib di semua kapal di seluruh dunia. Panggilan radio “mayday” membantu menyelamatkan lebih dari 720 orang dalam tenggelamnya kapal Titanic secara tragis pada tahun 1912.

    Pada tahun 1922, Marconi meresmikan stasiun radio baru di London dan atas perintah pemerintah Inggris. Inilah cikal bakal BBC.

    Kemudian, pada tanggal 12 Februari 1931, Paus Pius XI menjadi Paus pertama yang menyampaikan pidato kepada dunia melalui radio, dengan mengatakan, dalam bahasa Latin: “In arcano dei consilium, succidimus in loco principis apostolorum.”

    Atas permintaan Paus, Marconi secara pribadi mendirikan Radio Vatikan, yang pada tahun 2015 dimasukkan ke dalam Dikasteri Komunikasi yang baru dibentuk. Media pewartaan ini terus berkembang sebagai penyiar radio Takhta Suci.

    ‘Ponsel besar’ Marconi untuk Paus

    Di antara penemuannya yang lain, Marconi menciptakan “ponsel besar” yang menghubungkan mobil Paus Pius XI dengan Vatikan dan kediaman musim panas kepausan di Castel Gandolfo, dekat Roma. Bertahun-tahun kemudian, Steve Jobs, pendiri Apple, mengatakan kepada peserta konferensi di Amerika Serikat, “Marconi adalah akar kami. Kami adalah cabangnya.”

    Setelahnya, Sir Martin Cooper, yang menemukan telepon seluler genggam seperti yang kita kenal sekarang, berkata, “Sebenarnya, penemuan saya, telepon seluler kecil, berasal dari intuisi Marconi dan dari telepon seluler besar Marconi.”

    Pada tanggal 20 Juli 1937, Guglielmo Marconi meninggal di Roma karena salah satu serangan jantung. Sebelumnya ia sering mengalami serangan ini. Radio-radio di seluruh dunia, yang semakin banyak hadir di ruang publik dan di rumah-rumah penduduk, secara bersamaan menghentikan siarannya selama dua menit penuh. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI