IMG_8968

“Pemimpin mulia bapa bijaksana, yang hari ini kita peringati, kini berjaya penuh sukacita di surga baka. Ia selalu sungguh berusaha untuk membantu membimbing sesama, giat mengabdi dengan tulus hati, Allah sejati. Semoga kita ditolong doanya, dan menerima pengampunan dosa, dihantarkannya menuju ke surga, menghadap Bapa. Dimuliakanlah Bapa mahamurah, bersama Putra penebus dunia, Roh Kudus pula penghibur Gereja, selama-lamanya.”

Hari ini, 13 Juni 2013, madah itu bergaung di seluruh dunia pada Peringatan Santo Antonius dari Padua, dalam Ibadat Pagi yang diawali dengan memohon, “Ya, Tuhan, sudilah membuka hatiku,” dan dijawab umat, “Supaya mulutku mewartakan pujian-Mu,” yang dilanjutkan dengan Mazmur 94 (95).

Ibadat Pagi adalah bagian dari Ibadat Harian yang berasal dari bahasa Latin Liturgia Horarum atau ibadat setiap jam atau berkala, yang kini menggantikan brevir maupun doa ofisi yang dilakukan di biara-biara.

Ibadat harian (di luar Perayaan Ekaristi) adalah doa resmi Gereja agar setiap waktu umat memuji Tuhan, dan dengan demikian menguduskan seluruh hari, sesuai nasihat Santo Paulus, “Berdoalah dengan tak henti-hentinya! (1Tes 5:17), sebab hanya Tuhanlah yang membuat pekerjaan kita berhasil dan berfaedah, “Tanpa aku kamu tidak dapat menghasilkan apa-apa” (Yoh 15:5).

Konsili Vatikan II menganjurkan agar Ibadat Harian tidak hanya dirayakan di biara atau didoakan sendiri oleh para rohaniwan, melainkan bersama-sama umat di gereja-gereja paroki (KHK 1173-1175).

Ibadat Harian sendiri terdiri atas dua bagian utama yakni Ibadat Pagi atau Laudes, yang dipanjatkan sebelum pekerjaan dimulai, dan Ibadat Sore atau Vesperae yang dipanjatkan pada waktu senja hari setelah pekerjaan selesai.

Ada juga dua ibadat sederhana yakni Ibadat Siang Hari yang didoakan pada waktu yang ditentukan sendiri, dan Ibadat Penutup atau completorium atau doa malam yang dilakukan sebelum pergi tidur.

Untuk keperluan ini, Keluarga Dominikan Indonesia, yang terdiri atas imam, frater, suster dan awam, lewat Saint Dominic Publishing di Yogyakarta, telah menerbitkan Verbum Veritatis (Ibadat Harian dan Perayaan Ekaristi) dengan koordinator Pastor Andreas Kurniawan OP sejak Maret 2010.

Penerbitan dua bulanan atau enam edisi setiap tahun dengan gambar cover yang berganti-ganti sesuai tema liturgi kini sudah tersebar di seluruh Indonesia dan digunakan bukan hanya oleh pastor dan frater serta suster, tetapi juga umat awam yang gemar berdoa. Untuk Edisi Mei-Juni, gambar covernya adalah Virgin of Humility (perawan kerendahan hati) karya Fra Angelico OP.

Buku setebal 422 halaman untuk edisi Mei-Juni 2013, misalnya, secara rinci menurunkan Ibadat Pagi, baik yang khusus seperti Peringatan Santo Antonius dari Padua ini maupun ofisi (officium atau kewajiban) yang merupakan bagian yang tetap dalam lingkaran empat pekan, Perayaan Ekaristi harian lengkap dengan Antifon, Doa Pembukaan, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Bacaan Injil, Doa Persembahan, Perfasi, Antifon Komuni dan Doa Sesudah Komuni, serta Ibadat Sore dan doa sebelum istirahat malam atau completorium.

Sesudah Pembukaan, Mazmur, dan Madah, pada tanggal 13 Juni didaraskan juga Mazmur, dilanjutkan Bacaan Singkat, Lagu Singkat, Kidung Zakharia, Doa Permohonan, Bapa Kami, Doa Penutup dan Penutup. Sesudah Perayaan Ekaristi yang lengkap dengan semua bagiannya, ditutup dengan Ibadat Sore, lengkap dengan Pembukaan, Madah, Pendarasan Mazmur, Lagu Singkat, Kidung Maria, Doa Permohonan, Bapa Kami, Doa Penutup dan Penutup.

Verbum Veritatis bisa dilihat di http://ofisi.dominikanid.org. Harga yang ditawarkan Rp. 40.000 per edisi atau Rp. 200.000 per tahun, tapi belum termasuk ongkos kirim. Kalau Anda tinggal di Jakarta dan tertarik, silahkan memesan di Toko Rohani Katolik (tokorohanikatolik.com) di Kompleks Harmoni Plaza Blok E No. 38-39 Lantai 3, Jalan Suryopranoto 2, Jakarta Pusat (Telp: 021-688480810 – Fax 021-6305788), atau langsung ke Albert R Soetanto (email asoetanto@tokorohanikatolik.com dan 08161820827) dan Rita Margarita (08992299727). Di Surabaya bisa menghubungi Josephine Wijaya (0816506565) dan Robertus Adi (085782407868).

“Kamulah cahaya dunia. Kota yang didirikan di atas gunung tak mungkin tersembunyi,” bunyi mazmur dalam ibadat pagi … Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan berpelukan. Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan merunduk dari langit,” tulis Mazmur Tanggapan dalam Ekaristi … Aku menjadi pelayan Injil sesuai dengan rahmat yang diberikan Allah kepadaku; Setia dan bikajsanalah hamba itu, yang telah diangkat Tuhan untuk memimpin isi rumah-Nya; Domba-dombaku mendengarkan suara-Ku dan menjadi satu kawanan di bawah pimpinan satu gembala.”***

Tinggalkan Pesan