Home BERITA TERKINI Teleskop Observatori Milik Vatikan yang Semakin Canggih

Teleskop Observatori Milik Vatikan yang Semakin Canggih

0

ARIZONA, Pena Katolik – Mungkin banyak yang tidak percaya, kalau selama ini, Vatikan memiliki sebuah teleskop observatori canggih di Arizona, Amerika Serikat. Ini nyata, sudah sejak lama, Vatikan memiliki pusat observasi ruang angkasa. Teleskop Teknologi Canggih Vatikan ini (Vatican Advanced Technology Telescope/VATT) terletak di Gunung Graham di Arizona.

Saat ini, VATT menjadi semakin canggih dengan penambahan fitur otomatis baru. Alat baru ini memungkinkan para astronom Observatorium Vatikan menggunakan teleskop yang berdiri di Arizona dari Roma.

Pada tanggal 3 Juni, sebuah proyek selesai yang melengkapi teleskop andalan Vatikan dengan sistem yang menjadikannya sepenuhnya otomatis dan robotik. Sistem ini pada akhirnya akan memungkinkan para astronom di Observatorium Vatikan, di Castel Gandolfo di luar Roma, untuk mengendalikan VATT dari jarak jauh bahkan dari seluruh dunia.

Menurut siaran pers, sistem otomatis ini diberi nama “the Don” untuk menghormati Donald M. Alstadt (1921-2007), mantan ketua dan CEO Lord Corporation. The Thomas Lord Charitable Trust-lah yang mendanai instalasi tersebut melalui hibah yang diberikan oleh Judith Alstadt untuk menghormati mendiang suaminya.

Dilakukan oleh perusahaan teknik Ceko bernama ProjectSoft HK, pekerjaan tersebut dilaporkan selesai tepat waktu dan sesuai anggaran. Ini adalah instalasi teleskop ProjectSoft HK yang ke-30, dan secara kebetulan, hal ini terjadi tepat setelah VATT memasuki tahun ke-30 pada bulan September lalu.

VATT dikatakan ditransformasikan oleh sistem otomatis “Don”, yang tidak hanya memungkinkan para astronom melacak objek di luar angkasa dengan lebih akurat, tetapi juga akan memfasilitasi kolaborasi dengan para astronom dari observatorium di seluruh dunia.

Akurasi dan efisiensi

Dengan fitur the Don ini, VATT mampu melacak benda langit hingga 20 menit tanpa bimbingan manusia. Sistem otomatis tersebut dapat mengarahkan dudukan teleskop dan dengan cukup akurat, untuk dapat melacak kelereng dari seberang arena olahraga luar ruangan yang besar.

Selanjutnya, “the Don” akan mengendalikan sistem pendukung teleskop, termasuk: stasiun cuaca, kubah teleskop dan penutup celah kubah, sistem oli untuk bantalan hidrolik dudukan, sistem pendingin untuk cermin utama VATT, dan banyak lagi.

Sistem baru ini akan menawarkan beberapa mode penggunaan kepada para astronom, dengan “Mode Lama” satu-satunya yang tersedia saat ini. Mode ini memungkinkan para astronom di lokasi untuk mengoperasikan VATT tanpa perlu berkeliling untuk memulai dan menghentikan berbagai subsistemnya secara manual. Mode ini juga memungkinkan penyelarasan dan pemfokusan optik teleskop lebih cepat, sehingga menciptakan pengalaman yang lebih lancar.

Mode berikutnya yang akan diperkenalkan adalah “mode jarak jauh”, yang memungkinkan para astronom menggunakan VATT tanpa harus berada di lokasi. Staf Observatorium akan dapat mengendalikan VATT di Arizona dari kantor pusat Observatorium Vatikan di Castel Gandolfo, selatan Roma. Mode lain yang akan diperkenalkan di masa depan, “mode skrip”, akan melihat sistem melakukan serangkaian instruksi yang disiapkan oleh para astronom tanpa pengawasan manusia secara langsung, demikian seperti diberitakan Aleteia. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version