29.2 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

Sinode Keuskupan Agung Semarang, Bermisi Pendidikan

BERITA LAIN

More
    Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko membuat simbil cinta perdamaian bersama anak-anak muda Muslim. Foto Romo Wito

    SEMARANG, Pena Katolik – Keuskupan Agung Semarang meluncurkan hasil dari Sinode Pendidikan KAS dengan tema: “Berjalan Bersama untuk Misi Pendidikan KAS”, 2 Mei 2024. Uskup Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko menyampaikan rasa syukurnya atas bimbingan Allah yang telah menyertai seluruh proses sinode. Ia mengapresiasi partisipasi umat dan panitia sinode. 

    Sesuai tema, sinode ini menjadikan pendidikan sebagai fokus. Mgr. Rubi menggarisbawahi kebangkitan transformatif dalam pendidikan Katolik yang perluperubahan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

    Dalam konteks Kisah Para Rasul, ia menyoroti pentingnya keterbukaan terhadap semua bangsa, tanpa dibatasi oleh kesombongan atau pemisahan diri. Hal ini tercermin dalam sikap bijaksana seperti yang ditunjukkan oleh Petrus.

    Dalam menghadapi tantangan zaman Mgr. Rubi engajak umat Katolik di Keuskupan Agung Semarang, khususnya keluarga dan komunitas sekolah Katolik, untuk saling mendukung dalam transformasi pendidikan Katolik. Penting pertumbuhan disiplin sebagai karakter hidup yang harus ditekankan di semua sekolah Katolik. 

    Penting juga kolaborasi antara sekolah, komunitas, dan keluarga untuk mendukung pendidikan dengan semangat kolegialitas dan solidaritas. Orangtua, guru, dan tenaga kependidikan terus belajar dan mengembangkan diri dalam terang nilai-nilai kristiani untuk memberikan contoh yang inspiratif bagi peserta didik.

    Mgr. Rubi mengumumkan pelaksanaan Katekese Pendidikan di bulan Mei 2024, yang akan mendalami berbagai aspek pendidikan Katolik. Ia juga menekankan pentingnya menyelaraskan pendidikan Katolik dengan Kurikulum Nasional Merdeka yang baru disahkan oleh Pemerintah. 

    Semua upaya ini bertujuan untuk mewujudkan sabda Yesus agar kita “menghasilkan buah” dengan saling mengasihi satu sama lain. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI