29.2 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

Paus Fransiskus Menyambut Personel Baru Garda Swiss

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus bersama para anggota Garda Swiss yang baru saja dilantik. CNA

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus menerima Korps Garda Swiss Vatikan yang baru pada kesempatan pengambilan sumpah para penjaga baru pada tanggal 6 Mei 2024. Pengambilan sumpah ini dilakukan setelah mengikuti Misa di St. Basilika Santo Petrus. Sebanyak 34 rekrutan baru beserta keluarganya diterima Paus Fransiskus di Istana Apostolik Vatikan.

    Kepada para anggota baru dan keluarga mereka, Bapa Suci mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran mereka dan pelayanan sehari-hari mereka, yang selalu murah hati dan rajin. Paus secara khusus menyambut Komandan Garda Swiss Christoph Graf.

    Setelah mengucapkan terima kasih, Paus mencatat bahwa di antara para penjaga terdapat suasana yang positif dan penuh hormat di barak. Ia juga mencermati perilaku sopan dengan tamu, meskipun terkadang pelayanan ini intens, melelahkan dan lama.

    “Anda menunjukkan tingkat motivasi dan kemauan yang tinggi untuk melayani, dan juga – ini sangat menyenangkan saya – hubungan baik di antara Anda sendiri: Anda pergi bertamasya bersama, Anda menghabiskan liburan bersama, Anda sering pergi keluar bersama. Itu sangat bagus,” ujarnya.

    “Hubungan adalah pengalaman kunci bagi kita umat Kristiani: Yesus mengungkapkan dan menyaksikan kepada kita bahwa Allah adalah kasih, Dia di dalam diri-Nya adalah suatu ‘relasi’ dan dalam misteri ini kita menemukan tujuan dan kepenuhan keberadaan kita.”

    Paus Fransiskus menegaskan kembali ciri kepribadian yang dipelajari melalui hubungan dengan orang-orang. Ia mencatat bahwa kehidupan dalam keluarga besar Garda Swiss, setidaknya selama dua tahun mengabdi, adalah periode yang sangat penting dan formatif.

    Para anggota Garda Swiss yang mengcapkan sumpah setia dan mulai bertugas menjadi penjaga pengganti Petrus. CNA

    Paus mendorong Garda Swiss yang baru untuk secara aktif mengembangkan kehidupan komunitas. Ia menyesalkan banyaknya anak muda yang menghabiskan waktu luang mereka sendirian dengan ponsel atau komputer dan oleh karena itu mendesak mereka untuk “melawan arus”.

    Mengikuti tradisi kuno, pada sore hari tanggal 6 Mei, 34 anggota baru Garda Swiss mengambil sumpah mereka untuk melayani Paus dan Gereja di Gereja St. Louis. Biara Damasus di Vatikan

    Upacara tersebut berlangsung pada hari memperingati kematian 189 tentara Swiss yang membela Paus Klemens VII pada tahun 1527 selama Penjarahan Roma.

    Melalui sumpah mereka, Garda Swiss yang baru menyatakan kesetiaan mereka dan tekad mutlak untuk mengabdi pada penerus Peter. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI