34 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Kolaborasi Tujuh Agama di Banyumas Menyambut Pemilu dengan Event Kebangsaan

BERITA LAIN

More
    Menjelang Pemilu 2024, yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024, Paguyuban Lintas iman Purwokerto mengelar event “Kolaborasi I.24” di di Aula Siti Kalimah, Ponpes Baitul Makhmud LDII Pekaja, Kalibagor Banyumas, 20-21 Januari 2024.

    BANYUMAS, Pena Katolik – Menjelang Pemilu 2024, yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024, Paguyuban Lintas Iman Purwokerto mengelar event “Kolaborasi I.24” di di Aula Siti Kalimah, Ponpes Baitul Makhmud LDII Pekaja, Kalibagor Banyumas, 20-21 Januari 2024. Event ini diadakan dengan kolaborasi tujuh Agama: Islam, Budha, Hindu, Konghucu, Kristen, Katolik, Kepercayaan.

    David Kurniawan, Ketua Yayasan sekaligus penanggung jawab event Kolaborasi I.24, dalam sambutannya menjelasan tema Kolaborasi I.24. Tulisan “I.24” merupakan perpanjanga “Indonesia tahun 2024”.

    Adapun kegiatan dalam event ini meliputi sunatan massal yang diikuti 20 anak, lomba melukis untuk anak-anak SD, SMP, dan SMA. Selain itu, ada gelar budaya dari masing-masing agama, menampilkan kekhasan agama, seperti barongsai, menari, dan pencak silat. Event ini juga diisi dengan bazar UMKM yang diikuti pelaku UMKM Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Cilacap. Pada malam harinya, ada festival band dengan tema “Bhineka Tunggal Ika”, gelaran musik dengan tema persatuan dan kesatuan bangsa.

    Ketua DPP LDII Kabupaten Banyumas, H. Sutanto sangat berterima kasih atas terbentuknya Paguyuban Lintas Iman. Semula Paguyuban Lintas Iman hanya tingkat kecamatan karena dirasa keberadaannya berkontribusi terwujudnya kerukunan dan penuh persaudaraan maka akhirnya diminta untuk tingkat Kabupaten Banyumas. Selanjutnya untuk tingkat kabupaten kita mewujudkan dalam ATLAS (Aliansi Paguyuban Lintas Iman Banyumas), dan diawali dgn kegiatan Festival seni budaya serta Sunatan Massal.

    “Dengan forum ini, kita saling mengenal satu dengan yang lain antar agama yang mengajarkan sama yaitu tentang kebaikan,” ujarnya.

    Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Banyumas, Eko Heru Surono mengatakan, silahturahmi ini dimaksudkan mengajak seluruh tokoh agama dan masyarakat untuk menghimbau umatnya terlibat aktif menciptakan suasana yang sejuk dan damai. Ia berharap, dengan acara ini, masyarakat di Banyumas dapat menyukseskan Pemilu 2024 untuk berjalan lancar dan sukses.

    Acara Kolaborasi I.24 ditutup dengan jalan sehat diikuti oleh banyak warga masyarakat Banyumas dari berbagai umat beriman pada Minggu 21 Januari 2024. (Sr. Charlie OP)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI