27.1 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Waktu Bunda Teresa Telat Saat akan “Kencan” dengan Paus Yohanes Paulus II

BERITA LAIN

More
    Bunda Teresa dari Kolkata dan St Yohanens Paulus II. (ALETEIA)

    VATIKAN, Pena Katolik – Seperti diketahui, kedua orang kudus itu – Bunda Teresa dan St. Yohanes Paulus II- bertemu dalam beberapa kesempatan. Tetapi, ada satu pertemuan yang menjelaskan betapa Roh Kudus benar-benar hadir dalam diri Bunda Teresa.

    Hal ini diceritakan dalam edisi terbaru dari publikasi dua bulanan Italia Miracoli e Misteri (Keajaiban dan Misteri) dalam sebuah artikel yang ditulis Massimiliano Di Paolantonio.

    Ketika itu, Bunda Teresa berada di dalam mobil dalam perjalanannya ke New Delhi untuk menyambut Bapa Suci. Saat itu, ia melihat seorang penderita kusta menderita dalam kesendirian di pinggir jalan. Dia menyuruh pengemudi menepi, turun, dan mulai merawat penderita kusta itu. Dia berbicara panjang lebar dengannya untuk menghiburnya, memberinya cinta Tuhan dan menanamkan harapan dan keberanian. Dia berangkat lagi dan terlambat untuk menepati janjinya.

    Ketika salah satu Kardinal India yang hadir menunjukkan kepadanya bahwa dia (Bunda Teresa) telah membuat Wakil Kristus menunggu, dia dengan tenang menjawab: “Ya, saya tahu, tetapi saya bertemu Kristus di jalan.”

    Kristus ada di dalam orang lain…

    Sungguh, api kasih Yesus menuntun hidup Bunda Teresa. Jika Kristus hadir di dalam sesama kita, jika orang yang sakit adalah Kristus, maka paus pun dapat menunggu. Kita harus lebih fleksibel dengan jadwal kita dan memberikan waktu yang berbeda dan lebih penting relatif.

    Alih-alih membiarkannya menjadi tiran yang membuat kita merasa seperti tidak memegang kendali, memaksa kita ke dalam perlombaan yang tergesa-gesa dan terganggu, kita perlu menggunakannya dengan bermanfaat, memberi arti penting pada setiap momen, mengisinya dengan makna dan kedamaian.

    Ketika kita terlalu tunduk pada jadwal kita, kita bahkan tidak tersenyum pada orang-orang yang kita temui dalam perjalanan—tidak hanya di jalan, tetapi bahkan di dalam rumah kita. Kita bertindak seperti budak waktu, bukan tuannya.

    Seperti Bunda Teresa, kita perlu menggunakan waktu kita tanpa kecemasan. Hanya dengan memberikan prioritas utama kepada Tuhan, dengan menempatkan Dia sebagai yang pertama dalam hidup kita dan mengenali kehadiran-Nya yang hidup di dalam orang-orang di sekitar kita, kita dapat membalikkan cara hidup yang merusak ini.

    Bahkan pada hari-hari yang paling penting, ketika kita mengadakan rapat kerja, ujian universitas, atau kunjungan medis, jam yang harus kita lihat untuk menandai waktu kita selalu jam Kristus.

    Jika kita menyadari bahwa Yesus ada di dalam diri orang lain, khususnya dekat dengan kita pada mereka yang kita lihat setiap hari dan mereka yang dalam kesulitan, seperti Bunda Teresa, kita akan berhenti tanpa kecemasan dan kekhawatiran—bahkan dengan mengorbankan beberapa komitmen.

    Kita akan mendengarkan dengan tenang, misalnya, seorang teman yang ingin melepaskan ketegangan, putra atau putri yang ingin memberi tahu kita entang kesengsaraan romantis mereka, atau rekan kerja yang pasangannya dirawat di rumah sakit. Karena di sana juga, setiap hari, kita bertemu dengan Kristus. (ALETEIA)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI