25.6 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Minoritas Umat Kristiani di Gaza terus Menderita Akibat Konflik Hamas-Israel

BERITA LAIN

More
    Seorang anak di sebuah tempat perlindungan milik Paroki di Gaza. IST

    GAZA, Pena Katolik – Konflik Israel-Hamas telah merenggut nyawa 22 orang dari sekitar 1.000 umat minnoritas Kristiani yang tinggal di Gaza. Serangan udara menewaskan 17 umat Kristen yang berlindung di Gereja Ortodoks Saint Porphyrius pada 19 Oktober 2023, dan lima lainnya meninggal karena kurangnya perawatan medis.

    Pada tanggal 12 Desember 2023 sebuah roket yang tidak meledak ditemukan di perbatasan kompleks paroki Keluarga Kudus, tempat sebagian besar umat Kristen di Gaza mengungsi. Badan amal Katolik, Aid to the Church in Need (ACN) melaporkan kemungkinan tingkat trauma di kalangan anak-anak dan semua orang di sana.

    Baru-baru ini Gereja Keluarga Kudus – satu-satunya gereja Katolik di Gaza – dan gedung paroki dirusak oleh aksi militer Israel. Paroki tersebut kehabisan bahan bakar, menyebabkan penduduknya tanpa listrik. Sumber lokal juga mengatakan bahwa banyak keluarga Kristen telah kehilangan rumah dan seluruh harta benda mereka sejak awal perang.

    Seorang Kristen yang tinggal di Gaza, yang hanya ingin dikenal sebagai G.A., menyatakan bahwa kesempatan untuk berpindah-pindah dan memeriksa rumah kami ketika gencatan senjata diumumkan pada akhir November segera berubah menjadi sebuah patah hati.

    “Sungguh menyedihkan melihat apartemen kami, yang berada di lantai atas sebuah gedung milik keluarga berlantai empat, hancur total, dan hanya tersisa satu kamar. Kami mengumpulkan beberapa barang dan kembali ke kompleks gereja dengan aman menunggu berakhirnya perang buruk ini sehingga kami dapat memulai proses membangun kembali kehidupan kami.”

    ACN telah membantu umat Kristiani yang berlindung di Gereja Keluarga Kudus untuk membeli makanan dan obat-obatan. Hal ini juga memberikan dukungan bagi umat Kristiani di Tepi Barat, Yerusalem Timur dan Vikariat untuk Migran dan Pencari Suaka, yang sebagian besar bekerja di sektor pariwisata dan kehilangan mata pencaharian sejak ziarah dan liburan di Tanah Suci dibatalkan.

    Bantuan darurat mencakup dukungan medis dan bantuan biaya hidup dasar, seperti makanan dan akomodasi. G.A. menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para dermawan yang telah mewujudkan bantuan ini. Umat ​​​​Kristen lain dari Gaza mengenang bagaimana ada kabar bahwa lingkungan kami diserang.

    “Saya menunggu sampai penembakan mereda dan saya pergi untuk memeriksa bangunan kami, termasuk beberapa keluarga Kristen lainnya, hanya untuk mengetahui bahwa seluruh bangunan tempat tinggal telah hancur total dan tidak ada yang tersisa. Semua yang kami miliki, termasuk semua kenangan masa kecil saya, telah menjadi sejarah.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI