29.7 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Para Uskup di AS Memajukan Proses Kanonisasi Pastor Isaac Hecker

BERITA LAIN

More
    Pastor Isaac Thomas Hecker

    NEW YORK, Pena Katolik – Para uskup Amerika pada Selasa melakukan pemungutan suara untuk memajukan tujuan beatifikasi dan kanonisasi Hamba Allah, Isaac Thomas Hecker. Ia adalah seorang imam asal Amerika yang hidup pada abad ke-19. Ia mendirikan Masyarakat Misionaris Rasul St. Paulus, yang sekarang dikenal sebagai Bapa Paulist.

    Kanonisasi Hecker secara resmi dibuka pada tahun 2008, dan pada saat itu ia menerima gelar “Hamba Tuhan.” Pastor Ron Franco, seorang penganut Paulist, yang merupakan postulator gerakan Hecker, mengatakan kepada CNA pada hari Selasa, 14 November 2023 bahwa langkah selanjutnya dalam proses ini adalah mempublikasikan alasan kanonisasi di Keuskupan Agung New York, tempat para penganut Paulist bermarkas. Franco mengatakan bahwa “tugas jangka panjang untuk mempelajari tulisan-tulisan Isaac Hecker oleh sebuah komisi sejarah telah dimulai.”

    Kardinal Timothy Dolan dari Keuskupan Agung New York mengajukan pertanyaan untuk melanjutkan tujuan kanonisasi di tingkat lokal kepada saudara uskupnya pada pertemuan musim gugur tahunan para uskup AS di Baltimore pada hari Selasa. Setelah pemungutan suara, 230 uskup memilih ya, tujuh memilih tidak, dan dua abstain.

    Kehidupan Hecker adalah “kisah klasik Amerika,” kata Dolan, seraya menambahkan bahwa Hecker, putra seorang imigran Jerman, “tidak menjalani kehidupan yang mudah.” Dolan mengatakan bahwa Hecker bertekad untuk “memenangkan dunia bagi Kristus” dan “bekerja tanpa kenal lelah untuk mewartakan firman Tuhan.”

    “Imannya seharusnya menginspirasi kita,” katanya. “Saya meminta dukungan Anda agar Gereja segera mengangkat Pastor Isaac Thomas Hecker ke altar.”

    Perjuangan rohani

    Hamba Tuhan Isaac Thomas Hecker lahir di New York City dari pasangan imigran Protestan Jerman pada 18 Desember 1819. Ayahnya, John Jonas Hecker, adalah seorang pekerja logam dan ibunya, Caroline Hecker, membesarkan dia dan keempat saudara kandungnya dalam denominasi Metodis.

    Bekerja sebagai pengantar barang di perusahaan pembuat kue saudara-saudaranya, ia menyaksikan perjuangan banyak warga New York yang berjuang untuk bertahan hidup di jalanan yang penuh kejahatan dan penuh penyakit yang menyebabkan banyak anak menjadi yatim piatu dan berada dalam bahaya.

    Hecker merasa Tuhan memanggilnya untuk membela imigran yang dieksploitasi di kota tersebut, jadi dia dan saudara-saudaranya bergabung dengan faksi Partai Demokrat di New York yang dikenal sebagai Loco-Focos untuk mencoba mencapai perubahan politik. Faksi tersebut pada akhirnya gagal mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat di kota tersebut, dan Hecker merasa putus asa, bertanya-tanya apa panggilan Tuhannya.

    Mulai bertumbuh dalam hubungan dengan Tuhan di usia 20-an, Hecker mengalami beberapa pengalaman mistis dalam mimpinya. Pada tahun 1843 dia menulis tentang penglihatan yang dia alami 10 bulan sebelumnya, menurut biografinya di situs Paulist Fathers. Penglihatan itu terdiri dari “makhluk suci yang cantik dan saya sendiri yang berdiri di sampingnya, merasakan kegembiraan murni surgawi,” tulis Hecker.

    “Dan itu jika tubuh kami bercahaya dan memancarkan cahaya seperti bulan, yang saya rasakan muncul dari kegembiraan yang kami alami,” tulisnya.

    Saat dia terus mencari ke mana Tuhan memanggilnya, Hecker pergi ke Boston untuk menerima bimbingan dari seorang filsuf Anglikan, Orestes Brownson, yang mendorong pemuda tersebut untuk bergabung dengan komunitas cendekiawan, penulis, seniman, petani, pedagang, di pinggiran kota Boston. dan pengkhotbah dengan tujuan mencari kebenaran.

    Karena tidak merasa puas, Hecker bergabung dengan komunitas ilmiah lain enam bulan kemudian di dekat Harvard, Massachusetts, pada bulan Juli 1843. Masih mengalami pergulatan spiritual internal, ia kembali ke keluarganya di New York City satu bulan kemudian.

    Kembali bekerja dengan saudara-saudaranya, dia menolak terjun ke dunia politik setelah pengalamannya dalam gerakan Loco-Focos. Hecker juga merasa bahwa politik dan pekerjaannya merupakan gangguan terhadap meditasi dan doanya.

    Akhirnya, Hecker memutuskan ingin menjadi pendeta Kristen tetapi bingung ingin bergabung dengan denominasi mana. Dia telah mempersempit pilihannya menjadi Gereja Anglikan atau Gereja Katolik Roma.

    Hecker berkonsultasi dengan Pendeta Anglikan Samuel Seabury, rektor Gereja Kabar Sukacita di New York City, dan Uskup Agung Katolik John Hughes dari New York.

    Setelah pertemuannya dengan Hughes, Hecker menulis dalam buku hariannya bahwa “Gereja Katolik Roma tidak bersifat nasional bagi kita, oleh karena itu Gereja tidak memenuhi keinginan kita, juga tidak sepenuhnya memahami dan bersimpati dengan pengalaman dan watak umat kita. Kelompok ini pada dasarnya terdiri dari individu-individu yang diadopsi dan asing.”

    Hecker mempertimbangkan kembali untuk masuk Katolik pada tahun 1844 ketika Brownson memberitahunya tentang keputusannya untuk bergabung dengan Gereja Katolik. Hecker berkonsultasi dengan Uskup John Bernard Fitzpatrick yang saat itu menjabat sebagai co-adjutor Keuskupan Boston dan tergerak oleh pertemuan tersebut. Dia dibaptis pada tanggal 2 Agustus 1844, oleh Uskup Agung John McCloskey, yang mengarahkan dia untuk bertumbuh dalam kehidupan spiritualnya melalui Misa harian dan doa.

    Berjuang untuk menentukan urutan mana yang akan menjadi imam, Hecker akhirnya memilih Redemptoris, atau Kongregasi Penebus Yang Mahakudus. Dia berlayar ke Belgia untuk pembentukannya pada tahun 1845.

    Hecker ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 23 Oktober 1849, dan memulai pelayanan imamatnya di Liverpool, Inggris. Pada tahun 1851, dia kembali ke New York City untuk bertugas di provinsi ordo yang baru didirikan.

    Hecker dan tiga pendeta saudaranya mulai menawarkan misi paroki ke paroki-paroki berbahasa Inggris di seluruh Amerika Serikat. Hecker sangat bersemangat dan akan mengunjungi rumah umat Katolik setempat jika jumlah pemilih sedikit.

    Sepanjang pelayanannya, ia menjadi yakin bahwa umat non-Katolik di Amerika akan masuk Katolik jika umat Katolik terjun lebih dalam ke kehidupan rohani. Menumbuhkan kehidupan spiritual yang lebih dalam pada umat Katolik menjadi misinya. Namun Hecker dan timnya juga memberikan ceramah kepada kelompok Protestan, yang berakhir dengan perpindahan agama dari beberapa orang yang hadir.

    Pada tahun 1855, Hecker menerbitkan “Questions of the Soul,” sebuah buku yang dimaksudkan untuk menarik umat Protestan pada iman yang didasarkan pada perjalanan spiritualnya.

    Jemaat baru

    Ketika Redemptoris didirikan di Eropa, Hecker dan saudara-saudaranya, para imam kelahiran Amerika, ingin mendirikan markas besar Redemptorist yang berbahasa Inggris, salah satu alasannya adalah karena hal itu akan menjadi bantahan terhadap sentimen anti-Katolik Amerika tertentu terhadap non-pribumi. memesan.

    Provinsial ordo tersebut menolak memberikan izin kepada Hecker untuk mengunjungi Roma dan menyampaikan kasusnya, namun Hecker berpendapat bahwa konstitusi ordo tersebut mengizinkannya, meskipun izinnya ditolak oleh atasannya.

    Ketika Hecker melakukan perjalanan ke Roma, Pemimpin Umum Redemptoris Pastor Nicholas Mauron menuduhnya melanggar kaul ketaatan dan kemiskinan melalui perjalanannya tanpa izin. Jenderal dan dewan penasihatnya kemudian memecatnya dari jemaah.

    Hecker tinggal di Roma untuk menentang keputusan tersebut dan akhirnya diberikan wawancara dengan Paus Pius IX, yang mengeluarkan sumpah Hecker dan Redemptoris Amerika. Paus kemudian menyetujui rencana Hecker untuk membentuk kongregasi imam yang didedikasikan untuk evangelisasi di Amerika. Hecker kembali ke AS pada tahun 1858 dan kongregasi baru, Imam Misionaris Rasul St. Paul, diterima di Keuskupan Agung New York. Kelompok ini sekarang dikenal sebagai Paulist Fathers.

    Jemaat baru Hecker terlibat dalam misi paroki dan evangelisasi kepada umat non-Katolik. Kelompok ini berpindah-pindah ke seluruh negeri, melakukan perjalanan ribuan mil sambil menyampaikan ceramah. Hecker meluncurkan majalah pada tahun 1865 bernama “The Catholic World” dan mendirikan Catholic Publication Society setahun kemudian. Selain itu, ia mendirikan majalah untuk remaja putra dan putri bernama “The Young Catholic” pada tahun 1870.

    Pada tahun 1869, Hecker melakukan perjalanan kembali ke Roma dan menghadiri Konsili Vatikan Pertama, membantu Uskup James Gibbons dari North Carolina sebagai seorang teolog. Ketika Hecker kembali ke rumah pada tahun 1870, dia didiagnosis menderita leukemia kronis. Penyakit ini sangat membatasi pekerjaannya, dan dia pergi ke Eropa untuk mencari pengobatan. Kembali ke Amerika Serikat pada tahun 1875, dia terus berupaya menyebarkan Injil sebanyak yang dia bisa. Dia akhirnya meninggal pada 22 Desember 1888, di Paulist House di Manhattan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI