31.1 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Kebijaksanaan St. Thomas Aquinas saat dalam Kecemasan

BERITA LAIN

More
    St Thomas Aquinas

    Pena Katolik –  Jika kecemasan merupakan masalah bagi Anda, Anda tidak sendirian. Sekitar 30% orang dewasa Amerika berjuang dengan gangguan kecemasan pada suatu saat dalam hidup mereka.

    Bagi orang beriman, kami percaya bahwa kedamaian sejati datang dari Tuhan, dan percakapan dengan Tuhan melalui doa membantu kita semakin dekat dengan kedamaian Kristus. Namun bagaimana doa dapat membantu kita ketika kita bergumul dengan kecemasan?

    Beberapa kali dalam Alkitab, Yesus berkata, “Jangan khawatir,” misalnya dalam Matius 6:25. Namun secara praktis, bagaimana kita bisa menghilangkan kekhawatiran dan kekhawatiran kita?

    Ternyata St Thomas Aquinas memiliki kebijaksanaan untuk situasi ini, seperti yang dia lakukan untuk banyak hal. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang solusi spesifiknya untuk tekanan emosional di sini.

    “St. Thomas Aquinas mengajarkan bahwa salah satu cara untuk memerangi kecemasan adalah dengan bertumbuh dalam kepercayaan pada pemeliharaan Tuhan dalam hidup kita,” kata Dr. Edward Sri dalam wawancara dengan Aleteia. “Doa harian membantu kita melakukan hal itu. Ini membantu kita belajar untuk mengandalkan Tuhan dan bukan pada diri kita sendiri.”

    1. Percaya Kepada Tuhan

    Tindakan meluangkan waktu setiap hari untuk memberi kepada Tuhan dalam doa yang tenang dan pribadi adalah tindakan kepercayaan: “Saya mempercayakan hidup saya ke tangan Tuhan dan percaya bahwa waktu yang saya habiskan bersama Tuhan dalam doa adalah hal terpenting yang saya miliki. lakukan setiap hari.”

    2. Mengisi Pikiran dengan yang Baik dan Benar

    Merenungkan kehidupan Kristus, Kitab Suci, atau kebijaksanaan orang-orang kudus memenuhi pikiran dengan kasih Allah dan memotivasi kepercayaan yang lebih besar kepada-Nya.

    3. Memperhatikan Nasihat Roh Kudus

    “Semakin saya belajar untuk memperhatikan cara Roh Kudus membimbing saya dalam doa—semakin saya percaya Tuhan memimpin hidup saya dalam hal-hal kecil—semakin saya siap untuk memercayai-Nya ketika saya menghadapi berbagai cobaan,” dia berkata.

    Doa harian membantu kita mengetahui dengan yakin bahwa, seperti yang dikatakan Santo Paulus, “Dalam segala hal, Allah mengerjakan kebaikan di antara mereka yang mengasihi Dia” (Roma 8:28).

    Waktu tenang dalam doa meditatif setiap hari memberikan perbedaan besar bagi banyak orang. Melalui masa itu, Sri berkata, “Tuhan mengajarkan saya untuk lebih berserah diri, untuk lebih menyerahkan hidup saya ke dalam tangan Bapa. Jika saya tidak mempelajarinya, saya akan sering dilumpuhkan oleh rasa takut, ‘khawatir dan cemas terhadap banyak hal’ ketika saya mencoba mengendalikan dan mengatur segala sesuatunya sendiri.”

    Tentu saja kecemasan adalah masalah yang kompleks dan mempunyai banyak segi, dan cara untuk mengelolanya akan berbeda untuk setiap orang. Namun sungguh suatu anugerah mengetahui bahwa kasih Tuhan tersedia bagi kita dalam doa, dan semoga kedamaian-Nya juga tersedia bagi kita.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI