30.2 C
Jakarta
Wednesday, May 15, 2024

Keajaiban Kecil Lille: Bagaimana “Nyalakan Lilin” dapat Mengumpulkan Ratusan Anak Muda Setiap minggu di Prancis

BERITA LAIN

More
    Misa dengan nyala lilin di Universitas Katolik Lille Perancis. CNA

    LILLE, Pena Katolik – “Orang baik tidak bersuara,” kata St. Fransiskus de Sales tentang Misa yang diterangi cahaya lilin di Lille.

    Memang benar, meskipun Perancis secara teratur menunjukkan dirinya berada di garis depan de-Kristenisasi di Barat dan baru-baru ini menjadi berita utama karena konstitusionalisasi aborsi, bara api pembaharuan Kristen telah berkobar. Secara diam-diam namun kuat.

    Setiap Selasa malam pukul 10 malam, antara 800 dan 900 mahasiswa berkumpul di Kapel St. Joseph yang bersejarah di Universitas Katolik Lille untuk merayakan Misa dengan cahaya lilin. Jumlah ini terus bertambah dari bulan ke bulan sejak inisiatif ini diluncurkan pada tahun 2016. Jumlah katekumen juga meningkatkan secara signifikan, yang sedang mempersiapkan menuju baptisan.

    ‘Kesederhanaan keindahan’

    Misa ini diadakan atas inisiatif enam mahasiswa. Mereka menginisiasi Misa di sebuah kapel kecil di Universitas Lille (universitas swasta terbesar di Prancis, juga dikenal sebagai “La Catho”), Misa dengan cahaya lilin ini dengan cepat melampaui 300 peserta jumlah ini memaksa penyelenggara untuk mencari tempat lain, agar dapat terus menyambut arus mahasiswa yang semakin meningkat. Mereka yang datang dari kalangan Catholic maupun sekadar penasaran.

    Pada tahun 2019, Kapel St. Joseph, yang lebih besar dibanding kapel kecil yang sebelumnya digunakan, mulai digunakan yang terletak bersebelahan dengan kampus. Tahun berikutnya, kapasitas tempat itu tak mencukupi lagi. Saat itu, para siswa untuk datang lebih awal untuk menghindari berdiri atau duduk di lantai.

    Selama masa Prapaskah tahun ini, petugas keamanan harus mengusir ratusan umat. Misa ini hanya membatasi untuk 900 orang di dalam gedung.

    Bagaimana Dijelaskan

    Bagaimana menjelaskan kegemaran akan Misa di tengah minggu ketika gereja-gereja di Eropa cenderung sepi pengunjung dengan tingkat yang mengkhawatirkan?

    Gerakan-gerakan tradisionalis dan karismatik di dalam Gereja memiliki kemampuan yang langka untuk membangkitkan semangat kekatolikan di Prancis dalam beberapa tahun terakhir. Namun, Misa di Lille ini tidak mengklaim identitas tertentu. Ada keterikatan pada keindahan liturgi dan kualitas para pengkhotbahnya. Nyanyian Liturgi selama Misa dinyanyikan oleh paduan suara polifonik, yang kedalaman dan musikalitasnya dipuji oleh para peserta.

    “Di luar berbagai gerakan yang berkembang di dalam Gereja saat ini, saya pikir apa yang paling mungkin menarik kaum muda adalah kesederhanaan dan keindahan,” kata Joséphine Auberger, seorang mahasiswa di La Catho dan humas Misa Mingguan ini.

    Auberger menceritakan tentang temannya yang biasanya hanya menghadiri Misa Latin Tradisional. Namun, karena pencariannya akan keindahan ini, ia menjadi tertarik untuk rutin menghadiri Misa di kampus ini.

    “Saya pikir apa yang paling mungkin menarik perhatian kaum muda adalah kesederhanaan keindahan,” kata Auberger.

    Louis Tranié adalah mahasiswa fisioterapi dan wakil presiden kerohanian. Ia mengakui, efek “WYD Lisbon” (Hari Pemuda Sedunia 2023 menarik ratusan ribu peziarah ke ibu kota Portugal pada Agustus 2023) juga menambah semangat pertemuan mingguan ini.

    “Promosi dari mulut ke mulut telah memainkan peran besar dalam kemenangan yang tak terduga ini,” kata Tranié.

    Misa ini diadakan jam 10 malam, ketika para siswa telah menyelesaikan hari mereka dan umumnya tidak memiliki rencana apa pun. Rasanya ini adalah waktu ideal untuk memberikan sesuatu kepada Tuhan dan menerima sesuatu sebagai balasannya.

    Pastor Charles-Marie Rigail menceritakan, setiap Misa, lilin-lilin dinyalakan untuk membantu para peserta muda mengangkat pandangan mereka ke surge, dengan hati yang murni, dari hati ke hati dengan Tuhan. Orang muda ini dilucuti dari segala hal duniawi dan berada tepat di hadapadn Tuhan.

    “Semuanya terfokus pada Firman Tuhan, Gereja-Nya, yang melampaui apa yang mampu diciptakan manusia, dan yang merupakan bagian dari sejarah panjang dan tradisi yang sudah ada sejak lama,

    Gereja menawarkan jangkar yang kuat bagi semua orang, sementara orang muda memikirkan masa depannya dan merasa hidup di dunia yang sangat mudah berubah.

    Pastor Rigail adalah imam mahasiswa di Universitas Katolik Lille. Ia menambahkan, Instagram dan jejaring sosial lainnya di dunia, tidak akan pernah mampu memuaskan rasa haus akan sesuatu yang lebih dari sekadar mode dan perangkat elektronik yang fana.

    “Inilah cara menyentuh hati masyarakat, mematahkan prasangka yang ada saat ini mengenai Gereja, dan meningkatkan kesadaran akan kegunaan dan relevansinya, mencoba menawarkan sesuatu yang baik dan seakurat mungkin.”

    Pendeta muda ini menunjukkan bahwa, di samping dimensi komunitas yang ditanamkan oleh banyak orang, kegelapan yang ditembus oleh cahaya lilin sudah memberikan pengalaman yang sangat pribadi.

    Terlepas dari keberhasilan inisiatif ini, yang diungkapkan oleh angka-angka yang secara langsung bertentangan dengan tren umum di negara ini, hasil-hasil lain sudah terlihat, yang diwujudkan dengan dua kali lipat jumlah katekumen baru setiap tahun selama empat tahun terakhir.

    “Saya selalu tinggal dan mengobrol dengan orang-orang setelah Misa, dan saya bertemu dengan berbagai macam orang, mulai dari penganut Katolik klasik hingga penganut ateis. Beberapa di antaranya, tergerak oleh apa yang mereka lihat, akhirnya ingin tahu lebih banyak, sementara beberapa lainnya, orang-orang beriman yang selama ini tidak menjalankan ibadah, mereka memutuskan untuk melangkah ke dalam iman mereka,” kata Pastor Rigail.

    Misi penginjilan ini diperkuat dengan berbagai kegiatan. Misi utama dari inisiatif ini sebenarnya bukan untuk mengubah mereka menjadi “konsumen liturgi yang indah” melainkan menjadi umat Katolik, menjadi pelaku dari keyakinan mereka sendiri.

    “Kita tidak akan mengerti maksudnya jika, ketika tiba di paroki setempat, orang-orang muda ini berkecil hati dengan perayaan yang kurang menarik dan memutuskan untuk melakukan perjalanan sejauh 50 kilometer untuk menemukan liturgi yang cocok untuk mereka,” tutupnya.

    “Tujuan kami adalah untuk meningkatkan apresiasi mereka terhadap liturgi hingga mendorong mereka untuk menyingsingkan lengan baju dan lebih terlibat dalam paroki mereka, untuk meningkatkan keindahan perayaan dan dengan demikian mereproduksi secara lokal ‘keajaiban kecil Lille.” (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI