34.3 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Apa yang Dirasakan Ibu dari Seorang Paus dan Juga Orang Suci

BERITA LAIN

More
    St. Gregorius dan St Silvia

    ROMA, Pena Katolik – St Silvia adalah ibu dari St. Gregorius Agung. Dia meninggal di biara yang dia dirikan. Putranya bahkan mengutip contoh teladan kepeduliannya dalam sebuah homili. Silvia, yang dirayakan oleh Gereja pada tanggal 3 November, ditambahkan ke kalender pada abad ke-17, hampir 1.200 tahun setelah kematiannya. Hanya sedikit yang diketahui Gereja tentang dia, tapi yang sedikit itu nyatanya cukup untuk memberinya kemuliaan.

    Ketika Silvia menikah dengan sepupu jauhnya, senator Gordianus, di Roma sekitar tahun 538, dia pasti berusia 18 atau 20 tahun. Kedua pasangan tersebut berasal dari garis keturunan bangsawan yang sangat kuno, yaitu Acilii Glabriones, keturunan terakhir dari aristokrasi republik.

    Kakek mereka, konsul Marcus Acilius Glabrio, telah masuk Kristen sejak tahun 70. Dia meninggal demi Kristus pada tahun 83, dituduh melakukan “kejahatan ateisme” – dengan kata lain, menyangkal dewa-dewa kafir.

    Keluarga tersebut tetap menjadi pendukung setia Gereja. Itu sebabnya mereka tidak beremigrasi ke Konstantinopel, seperti yang dilakukan hampir semua bangsawan pada abad ke-4. Mereka lebih memilih pelayanan yang rendah hati kepada Tuhan dan kepausan di bawah penganiayaan daripada karir politik dan militer yang hebat di istana kekaisaran, karena Roma tidak lagi memegang posisi terdepan di panggung dunia.

    Melayani keluarga dan Tuhan

    Ketika menikah dengan Gordianus, Silvia tahu bahwa pernikahan mereka – seperti yang dilakukan dalam keluarga yang sangat saleh – hanya akan bertahan singkat. Begitu dia menjamin masa depan keluarganya dengan memberikan suaminya dua anak laki-laki, pasangan tersebut akan berpisah untuk “hidup dalam tujuan suci,” yaitu, mereka berdua akan memasuki pelayanan kepada Tuhan.

    Pilihan ini, yang tampaknya mengejutkan kami, merupakan hal yang lumrah pada saat itu. Ada keluarga imam sejati, di mana laki-laki menikah dan memiliki anak yang berpisah dari istri mereka dan menjalani selibat serta menjadi imam, uskup, dan bahkan paus. Putra-putra mereka sering kali mengikuti jejak mereka. Faktanya, Gordianus adalah cicit Felix III.

    Silvia juga tahu bahwa dia sedang mempertaruhkan masa depan, karena masa-masa buruk terjadi di abad ke-6. Keadaannya sangat buruk sehingga beberapa orang, yang mengira akhir dunia sudah dekat, menolak untuk menikah dan memiliki anak. Hal ini tidak terjadi pada pasangan muda, yang menetap di rumah keluarga mereka yang luas di Bukit Caelian di Roma. Mereka menjalani kehidupan di lingkungannya, antara kewajiban duniawi, doa, dan amal.

    Ia melahirkan dua orang putra: Gregorius pada tahun 540, yang diambil dari nama anak pertama yang namanya tidak kita ketahui. Setelah itu, Gordianus dan Silvia meninggalkan kehidupan pernikahan, meskipun mereka tetap tinggal di properti yang sama, cukup besar untuk menghindari godaan. Wanita muda itu pensiun ke tempat yang kemudian dikenal sebagai “pidato St. Silvia” dan kemudian gereja Santa Silvia al Celio.

    Cinta keibuan, cermin cinta ilahi

    Sebagai contoh cinta keibuan, suatu hari Gregory menceritakan anekdot ini. Saat masih kecil, saat bermain di tepi jendela lantai atas, ibunya menangkapnya saat dia akan terjatuh. Pertama, dia secara naluriah menamparnya karena ketakutan karena dia telah dengan ceroboh membahayakan nyawanya, kemudian, sambil menangis lega, dia mati-matian memeluknya erat-erat dan menghujaninya dengan ciuman. Kenangan ini berfungsi untuk menggambarkan kasih ilahi yang, seperti kasih seorang ibu, tidak diubah oleh koreksi yang diperlukan.

    Silvia sangat dekat dengan putra sulung mereka yang lemah, yang sejak dini menderita masalah perut yang serius dan akhirnya meninggal. Dia mengawasi pola makannya, membuang buah-buahan dan sayuran yang diberi pupuk kandang dan berpotensi beracun yang dibeli di pasar. Sebaliknya, dia hanya memberinya makan dengan hasil dari kebun keluarga, yang dia rawat dengan penuh kasih sayang.

    Sebagai orang kepercayaan putranya yang masih hidup, Gregory, dia tahu bahwa setelah patah hati di masa mudanya, dia tidak ingin menikah dan sedang mempertimbangkan untuk menjadi imam. Ayahnya, Gordianus, tidak menyetujuinya, dan mendorong Gregory menuju karir politik. Dia menonjol dalam politik, menjadi prefek besar terakhir di kota itu dan administrator yang luar biasa. Pelatihan ini akan memberikan manfaat yang baik baginya ketika ia menjadi paus dan menghadapi kesulitan terburuk.

    Tentu saja Silvia-lah yang memohon kepada suaminya agar membiarkan putra mereka mengikuti jalannya sendiri. Baru pada tahun 575, setelah kematian ayahnya, Gregory dapat mengundurkan diri dari jabatannya dan mendirikan sebuah biara di tanah milik keluarganya. Silvia meninggal di sana, mungkin pada tahun 592.

    Jika itu yang terjadi, ia mungkin merasa senang menghadiri penobatan kepausan putranya, yang menjadi paus pada tanggal 3 September 590. Namun hal ini tidak diketahui secara pasti. Yang pasti adalah kasih sayang dari Paus yang berdaulat, yang melukis potret orang tuanya di gereja biaranya Sant’Andrea al Celio.

    Paus St. Gregorius Agung mewariskan kepada kita gambaran ibunya yang kuat, saleh, suci, yang diserahkan kepada Tuhan, yang tahu bagaimana membantunya dalam panggilan imamatnya. Oleh karena itu, Santo Silvia adalah santo pelindung semua ibu para imam, serta mereka yang mengabdikan diri untuk membantu para imam dan mendoakan panggilan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI