32.8 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Senat Italia Meneyetujui Penyelidikan atas Hilangnya Gadis Vatikan dan Seorang Remaja Lain yang Hilang pada Tahun yang Sama

BERITA LAIN

More
    Emanuela Orlandi depan kaca mata bersama dengan Paus Yohanes Paulus II. Pietro Orlandi

    ROMA, Pena Katolik – Senat Italia memberikan suara hampir dengan suara bulat pada hari Kamis 9 Noveber 2023 untuk memberi izin dimulainya penyelidikan baru terhadap kasus lama yang telah terjadi 40 tahun lalu. Kasus itu hilangnya Emanuela Orlandi yang berusia 15 tahun, yang tinggal di sekitar Vatikan. Selain itu, bersamaan dengan hilangnya Orlandi, seorang gadis lain yang hilang di dekat Vatikan beberapa bulan sebelumnya.

    Komisi parlemen yang berdurasi empat tahun ini akan memiliki “kekuasaan investigasi penuh” dan anggaran sebesar 50.000 euro per tahun. Komisi ini akan mengungkap hilangnya kedua gadis tersebut pada tahun 1983. Penyelidikan pemerintah Italia dilakukan setelah penyelidikan terpisah Vatikan terhadap kasus Orlandi dibuka pada bulan Januari dan membagikan temuannya enam bulan kemudian kepada jaksa penuntut Roma, yang telah menyelidiki lebih lanjut kasus dingin tersebut.

    Orlandi adalah putri remaja Ercole Orlandi, utusan Prefektur Rumah Tangga Kepausan dan warga Negara Kota Vatikan. Ia hilang pada tanggal 22 Juni 1983, setelah berpamitan untuk berangkat belajar musik di Roma. Kasus ini telah mendominasi berita utama di Italia dan menjadi subyek spekulasi selama beberapa dekade.

    Selain Orlandi, komisi Italia yang baru dibentuk juga akan menyelidiki kasus Mirella Gregori yang juga berusia 15 tahun. ia hilang di Roma pada tanggal 7 Mei 1983, kira-kira 40 hari sebelum Orlandi.

    Gregori terakhir kali terlihat sepulang sekolah di sebuah bar kopi yang terletak di bawah apartemen keluarganya di pusat Kota Roma. Dia telah memberi tahu ibunya bahwa dia akan segera bertemu dengan seorang teman bernama Alessandro dan tidak pernah kembali.

    Meskipun Gregori tidak memiliki hubungan dengan Vatikan, kasusnya telah dikaitkan dengan kasus hilangnya “Gadis Vatikan”. Dalam sebuah panggilan telephone yang diklaim dari tersangka penculik pada tahun 1983, orang itu mengatakan telah mengambil kedua gadis tersebut.

    Komisi tersebut bertugas memeriksa bukti-bukti dari penyelidikan sebelumnya atas hilangnya kedua gadis tersebut. Komisi ini memperoleh dokumentasi lebih lanjut yang diperlukan dari negara-negara asing terkait kasus tersebut dan menganalisis apa yang mungkin menghalangi sistem peradilan Italia untuk “memastikan fakta dan tanggung jawab” dalam beberapa tahun terakhir.

    Selama penyelidikan Vatikan atas kasus ini awal tahun ini, kepala jaksa Kota Vatikan Alessandro Diddi melakukan wawancara dengan orang-orang yang bekerja di Vatikan pada saat hilangnya Orlandi. Ia mengatakan telah mengumpulkan “semua bukti yang ada.”

    Vatikan mengatakan pada bulan Januari bahwa kasus Orlandi dibuka kembali atas permintaan keluarga. Ketertarikan masyarakat terhadap kasus ini juga muncul kembali tahun lalu setelah dirilisnya “Vatican Girl: The Disappearance of Emanuela Orlandi” di Netflix.

    Dokumentasi kejahatan nyata menampilkan wawancara dengan subjek yang mengajukan berbagai teori tentang hilangnya Orlandi mulai dari keterlibatan kejahatan terorganisir Italia hingga teori bahwa Vatikan terlibat dalam hilangnya Orlandi. Sejauh ini tidak ada satupun yang dapat dibuktikan kebenarannya. Pietro Orlandi, saudara laki-laki dari gadis yang hilang tersebut, mengatakan kepada FQ Magazine bahwa dia berharap komisi ini akan dapat membantu kita memahami situasi yang tidak diselidiki oleh Vatikan maupun Kantor Kejaksaan Italia.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI