34.3 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Jon Fosse, Baptisan Baru Katolik Pemenang Hadiah Nobel Sastra 2023

BERITA LAIN

More
    Jon Fosse peraih Nobel Sastra tahun 2023. ALeteia

    STOCKHOLM, Pena Katolik –  Penulis drama dan novelis Norwegia Jon Fosse memenangkan Hadiah Nobel Sastra 2023 yang diumumkan panitia pada hari Kamis, 5 Oktober 2023. Fosse menjadi seorang Katolik pada tahun 2012. Ia sudah menjadi penulis yang sangat terkenal pada saat itu. Ia dipilih oleh komite Nobel karena “kekayaan drama, novel, kumpulan puisi, esai, buku anak-anak dan terjemahannya”. Fosse menggambarkan proses menulisnya sebagai “pengalaman memasuki tempat baru”. Novelnya berjudul Septology berkisah tentang hubungan seorang pelukis dengan Tuhan.

    “Saya mengalami perubahan keagamaan dalam hidup saya yang berkaitan dengan memasuki hal yang tidak diketahui ini. Sebelumnya, saya seorang ateis, tapi saya tidak bisa menjelaskan apa yang terjadi ketika saya menulis, apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Dari mana asalnya? Saya tidak bisa menjawabnya. Anda selalu dapat menjelaskan otak dengan cara ilmiah, tetapi Anda tidak dapat menangkap inti darinya. Itu sesuatu yang lain.”

    Ada juga perjuangan melawan alkoholisme dan kecemasan dalam hidup Fosse. Dalam sebuah wawancara pada tahun 2013, Fosse mengatakan bahwa dia menjadi lebih dekat dengan apa yang di Norwegia disebut sebagai ‘Gereja induk’, yaitu Gereja Katolik.” Ia menceritakan bahwa perpindahannya ke Katolik membantu mengatasi masalahnya.

    Umat ​​​​Katolik hanya berjumlah 5% dari populasi Norwegia, namun Gereja Katolik adalah komunitas agama kedua di negara tersebut berdasarkan jumlah anggota yang terdaftar. Jumlah umat Katolik telah meningkat secara dramatis dalam 20 tahun terakhir dan umat Katolik memainkan peran penting dalam masyarakat Norwegia. Erik Varden, penduduk asli Norwegia yang dilantik sebagai Uskup Trondheim pada tahun 2020, juga merupakan seorang orang yang berpindah dari agama lain ke dalam Gereja Katolik.

    Karier yang produktif

    Jon Fosse sudah menjadi novelis ulung ketika dia mulai menulis untuk teater pada tahun 1990an. Komite Nobel menjulukinya sebagai salah satu penulis naskah drama yang paling banyak tampil di dunia. Naskah dramanya membuat Fosse mendapatkan Penghargaan Ibsen yang bergengsi pada tahun 1996. Menarik, serangkaian novel yang mulai ditulis Fosse setelah pertobatannya, menarik perhatian pembaca di dunia berbahasa Inggris.

    Tujuh novel yang membentuk Septology yang terkenal berkisah tentang seorang pelukis tua yang merenungkan apakah lukisan terakhirnya, yang tampak seperti salib St. Andrew, sudah lengkap atau belum. Dia juga merenungkan kehidupannya dan hubungannya dengan Tuhan. Karya yang berani ini ditulis sebagai satu kalimat yang sangat panjang.

    Fosse pernah berkata kepada pewawancara. Ia menyebut gaya penulisannya sebagai “prosa lambat” dan “realisme mistik”.

    “Anda tidak membaca buku saya untuk mengetahui plotnya,”

    Gregory Wolfe, penerbit dan editor cetakan Slant Books, mengatakan kepada Aleteia bahwa Fosse adalah peraih Nobel bidang sastra yang sangat layak. Meskipun ia telah menjadi penulis naskah drama yang banyak diproduksi, ketenarannya telah menyebar dalam beberapa tahun terakhir melalui karya fiksinya, termasuk Septology yang hebat.

    Meskipun gayanya mungkin tidak sesuai dengan selera semua orang, hal ini bukan karena ia seorang intelektual atau politis. Faktanya, prosa Fosse disamakan dengan liturgi: ia menggunakan banyak kata dan gambaran sederhana serta pengulangan untuk membangkitkan ingatan, kerinduan, dan pencarian spiritual.

    Ia memasukkan doa langsung ke dalam cerita. Pembaca yang bersedia menerima “kurva pembelajaran” singkat dalam menyesuaikan diri dengan gaya narasinya akan dihargai dengan baik oleh seorang penulis yang memiliki kepekaan yang hampir mistis.

    Hadiah Nobel Sastra diberikan setiap tahun oleh Akademi Swedia di Stockholm, Swedia. Pemenang Hadiah Nobel termasuk beberapa penulis terhebat dalam seratus tahun terakhir, termasuk Rudyard Kipling, Thomas Mann, Albert Camus, dan novelis Katolik Sigrid Undset.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI