27.8 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Misa Syukur HUT SMA Negeri 1 Paniai, Tanamkan Nilai Toleransi Beragama Kepada Siswa

Kepala SMA Negeri 1 Paniai berharap agar semua ruangan menjadi ruangan kudus, dan nyaman bagi anak-anak untuk belajar demi masa depan.

BERITA LAIN

More
    Pastor Vincent Budi Nahiba Pr foto bersama siswa usai perayaan Ekaristi HUT ke29 SMA Negeri 1 Paniai, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua, Kamis 5 Oktober 2023.

    Pena Katolik, ENAROTALI – Pastor Vincent Budi Nahiba, Pr memimpin misa syukur hari ulang tahun ke 29, SMA Negeri 1 Paniai di Enarotali, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, Kamis (5/10/2023).

    Misa syukur yang dipimpin pastor rekan paroki St. Yosep Enarotali, Keuskupan Timika ini diikuti sebanyak 60-an siswa Katolik SMA I Negeri Paniai yang berasal dari beberapa paroki di sekitar danau Paniai, dua pewarta yaitu Mihkael Goo dan Yohanes Mote dan guru agama Katolik, Maria Mia Yogi, dan 2 guru Katolik, Ibu Meri Palembangan, dan Bapak Andreas Lolopayung.

    Menurut Maria Mia Yogi, di dalam rangkaian kegiatan HUT ke-29 SMA ini, Ibu Kepala Sekolah, Marselina Mote berinisiatif mengundang tiga pemuka agama (Kristen Protestan – Pendeta, Katolik-pastor, dan Islam- Ustad), agama yang dianut oleh para siswa, untuk mengadakan ibadat syukuran secara serentak untuk para siswa dalam tempat, dan ruang yang berbeda dalam waktu yang bersamaan (Jam 10.00 – 12.30).

    Hal ini bertujuan untuk mencerminkan sikap toleransi dan moderasi umat beragama di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah. Anak -anak sekolah diajarkan untuk bersikap saling menghormati dan toleransi kepada umat yang beragama lain.

    Selain itu, Maria Mia Yogi, satu-satunya guru Agama Katolik lulusan Sekolah Tinggi Katolik “Touyee Paapa” menambahkan, perayaan Ekaristi kudus di SMA I Negeri ini merupakan Misa yang pertama kali diadakan di sekolah.

    Dalam homilinya, pastor yang akrab disapa pastor Budi itu mengajak para siswa untuk bangga menjadi utusan, pembawa kabar keselamatan seperti para murid Tuhan Yesus yang diutusNya.

    Pastor Vincent Budi Nahiba Pr memimpin perayaan Ekaristi pada HUT ke 29 SMA Negeri 1 Paniai, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua, Kamis 5 Oktober 2023

    Para siswa juga diajak untuk menjadi Bait Allah dengan tidak melakukan hal-hal yang kurang baik sehingga kedepan memiliki masa depan yang lebih baik.

    Selain itu, Ibu Kepala Sekolah (yang agama Kristen Prostestan) meminta pastor Budi memberkati semua ruangan yang ada di SMA Negeri 1 Panitia.

    Kepala SMA Negeri 1 Paniai berharap agar semua ruangan menjadi ruangan kudus, dan nyaman bagi anak-anak untuk belajar demi masa depan.

    Jumlah siswa SMA Negeri 1 Paniai sebanyak 500-an anak. Sementara jumlah siswa beragama katolik dari kelas satu hingga kelas tiga berjumlah 120 anak.*

    *Jeremias Rahadat/Pena

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI