29.1 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Laudate Deum: “Dokumen baru tentang lingkungan hidup yang akan dipromulgasikan Paus Fransiskus”

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus saat berjumpa dengan para rektor dari universitas di Kawasan Amerika Latin. Vatican Media

    VATIKAN, Pena Katolik – Dokumen baru Paus Fransiskus mengenai lingkungan hidup, yang akan dirilis pada 4 Oktober, akan diberi judul Laudate Deum. Dokumen ini digadang-gadang menjadi kelanjutan dari ensiklik Paus sebelumnya, Laudato si’.

    Penjelasan singkat tentang nasihat apostolik ini dismapaikan Paus dalam pertemuan dengan para rektor universitas Amerika Latin pada 21 September 2023. Pidato pertemuan ini baru dipublikasikan Vatican News Spanyol pada Senin, 25 September 2023.

    Laudate Deum, ‘Puji Tuhan’ dalam bahasa Latin akan melihat apa yang telah terjadi dan mengatakan apa yang perlu dilakukan. Di hadapan 200 staf universitas, Paus Fransiskus merefleksikan apa yang ia sebut sebagai budaya membuang, dengan mengatakan bahwa hal tersebut mengungkapkan “kurangnya pendidikan”. Pendidikan yang dimaksud adalah untuk menggunakan barang-barang yang tersisa, dan memanfaatkan atau mendaurulang kembali, agar dapat digunakan secara umum.”

    Paus juga mencatat bagaimana degradasi lingkungan dapat mengarah pada “degradasi” jenis lain. Degradasi ini yaitu cara manusia memperlakukan orang lain, terutama mereka yang hidup dengan sumber daya yang lebih sedikit.

    Bulan lalu Paus Fransiskus mengumumkan bahwa ia akan menerbitkan dokumen tindak lanjut ensiklik Laudato Si’ yang terbit Juni 2015. Laudato Si’ adalah ensiklik kedua dari tiga ensiklik yang diterbitkan pada masa kepausan Paus Fransiskus sejauh ini. Ia kemudian mengatakan bahwa dokumen itu akan diterbitkan pada 4 Oktober, pada hari raya Santo Fransiskus dari Assisi. Pesta Santo Fransiskus dari Assisi juga merupakan tanggal di tahun 2020 ketika Paus Fransiskus memilih untuk menerbitkan ensiklik terbarunya, Fratelli Tutti, tentang persaudaraan dan persahabatan sosial

    Tanggal 4 Oktober akan menjadi hari pertama pertemuan Sinode Sinodalitas selama sebulan dan berakhirnya Musim Penciptaan, sebuah inisiatif ekumenis yang didukung Vatikan tentang kepedulian terhadap lingkungan.

    Tema ensiklik Laudato Si’ yang berarti ‘terpujilah Engkau’ ini adalah “ekologi manusia”, ungkapan yang pertama kali digunakan oleh Paus Benediktus XVI. Dokumen tersebut membahas isu-isu seperti perubahan iklim, kepedulian terhadap lingkungan, dan pembelaan terhadap kehidupan dan martabat manusia.

    Paus Fransiskus mengatakan pada 30 Agustus bahwa bagian kedua dari Laudato Si’ akan menjadi semacam dokumen kepausan yang dikenal sebagai “Nasihat Apostolik” (eksortasi). Paus Fransiskus sejauh ini telah menerbitkan lima nasihat apostolik selama masa kepausannya, termasuk Evangelii Gaudium pada tahun 2013 dan Amoris Laetitia pada tahun 2016.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI