29.7 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Paus Fransiskus: “Tidak ada kata ‘terlambat’ untuk menerima kasih Tuhan”

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus terlihat melalui jendela apartemen kepausan saat memimpin Angelus pada hari minggu. CNA

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengatakan pada hari Minggu bahwa apapun tahap kehidupan seseorang, tidak ada kata terlambat untuk menerima kasih Tuhan. Paus memimpin Doa Angelus pada Minggu 24 September 2023. Paus Fransiskus mengatakan bahwa Tuhan mencari kita setiap saat sepanjang hari dan bahwa kasih-Nya yang “besar hati” kepada kita tidak didasarkan pada kebaikan kita.

    “Dia tidak menunggu upaya kita, Ia datang kepada kita. Dia tidak menyerah jika kita terlambat meresponsnya. Sebaliknya, dia sendiri yang mengambil inisiatif dan melalui Yesus datang kepada kita untuk menunjukkan kasihnya kepada kita. Dia mencari kita sepanjang hari, yang, sebagaimana dinyatakan oleh St. Gregorius Agung, mewakili berbagai tahapan dan musim kehidupan kita hingga usia lanjut.”

    Paus berbicara dari jendela Apartemen Kepausan yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus satu hari setelah ia memberikan kecaman keras terhadap euthanasia dalam penerbangan pulang dari Marseille, Perancis. Saat itu ia mengatakan bahwa ada yang namanya “belas kasih yang buruk.”

    Paus Fransiskus menghabiskan dua hari di kota Perancis tersebut, di mana ia berbicara pada pertemuan kaum muda dan uskup yang disebut Mediterranean Encounter dengan pesan bahwa krisis migran yang semakin parah yang terjadi di Mediterania adalah “realitas zaman kita” yang memerlukan kebijaksanaan dan a tanggapan kolaboratif dari negara-negara Eropa.

    “Saudara-saudaraku yang terkasih, hari ini kita merayakan Hari Migran dan Pengungsi Sedunia dengan tema ‘bebas memilih apakah akan bermigrasi atau tinggal’, sebagai pengingat bahwa migrasi harus menjadi pilihan bebas dan tidak pernah menjadi satu-satunya pilihan yang mungkin dilakukan,” ujarnya. pada hari Minggu.

    Berkaca pada perjalanannya ke Prancis, Paus Fransiskus mengatakan bahwa tantangan untuk menciptakan komunitas yang dapat menyambut dan mengintegrasikan migran adalah “inti” dari acara Mediterranean Encounter.

    Beberapa Biarawati terlihat berkumpul bersama umat saat Doa angelus di Lapangan St Petrus Vatikan. CNA

    “Setiap laki-laki dan perempuan perlu mendapat jaminan kesempatan untuk menjalani kehidupan yang bermartabat, dalam masyarakat di mana mereka berada. Sayangnya, kesengsaraan, perang, dan krisis iklim memaksa begitu banyak orang mengungsi,” katanya.

    Paus Fransiskus juga mengucapkan terima kasih kepada Konferensi Waligereja Italia atas upayanya membantu para migran di Italia. Dalam pesan Angelusnya, Paus Fransiskus merefleksikan perumpamaan Yesus dalam Injil Matius tentang seorang pemilik tanah yang memberikan upah harian penuh kepada seluruh pekerjanya, bahkan mereka yang bekerja pada sore hari dan bekerja hanya satu jam.

    “Keadilan manusia mengatakan ‘memberikan kepada masing-masing miliknya sesuai dengan apa yang pantas mereka terima,’ sedangkan keadilan Tuhan tidak mengukur cinta berdasarkan skala keuntungan kita, kinerja kita, atau kegagalan kita: Tuhan hanya mencintai kita, Dia mencintai kita karena kita anak-anaknya, dan dia melakukannya dengan cinta tanpa syarat dan tanpa pamrih,” kata Paus Fransiskus.

    Setelah mendoakan doa Angelus dalam bahasa Latin bersama orang banyak, Paus Fransiskus menyampaikan undangan kepada semua orang untuk menghadiri acara doa ekumenis di Lapangan Santo Petrus pada hari Sabtu, 30 September, untuk mendoakan Sinode Sinodalitas yang akan datang.

    “Semoga Bunda Maria membantu kita untuk masuk ke dalam ukuran Tuhan: yaitu cinta tanpa batas,” katanya

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI