Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Dari Mongolia, Paus Fransiskus Mengirimkan Pesan Langsung ke Tiongkok

Paus Fransiskus dengan latar bendera Tiongkok. IST

ULAN BATOR, Pena Katolik – Dalam isyarat simbolis di akhir Misa yang dirayakan di Steppe Arena di Ulan Bator, Mongolia, pada tanggal 3 September 2023, Paus menggandeng tangan uskup Hong Kong, Stephen Chow, yang akan diangkat menjadi kardinal pada tanggal 30 September 2023,  bersama pendahulunya, Kardinal John Tong-Hon. Dalam pesan langsungnya kepada rakyat Republik Rakyat Tiongkok, Paus mengajak umat Katolik Tiongkok untuk menjadi “Umat Kristiani yang baik dan warga negara yang baik.”

Diiringi tepuk tangan meriah dari umat yang hadir, Paus mengundang Uskup Hong Kong dan Uskup Emeritus Hong Kong, Kardinal John Tong-Hon, untuk bergabung dengannya di dekat altar. Paus kemudian meminta untuk mengambil mikrofon untuk berbicara langsung kepada Tiongkok, yang jelas-jelas mengejutkan para asisten liturginya sendiri.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini, di hadapan dua saudara uskup ini – Emeritus Hong Kong dan Uskup Hong Kong saat ini – untuk menyampaikan salam yang tulus kepada rakyat Tiongkok yang mulia. Saya menyampaikan harapan baik saya kepada mereka semua: selalu maju, selalu maju! Dan kepada umat Katolik Tiongkok: Saya meminta Anda untuk menjadi umat Kristiani yang baik dan warga negara yang baik. Untuk kalian semua, terima kasih,” kata Paus.

Paus Fransiskus membahas inti permasalahan yang dihadapi pemerintah Tiongkok terhadap umat Katolik yang setia, karena memandang kesetiaan mereka kepada Roma bertentangan dengan kemampuan mereka untuk menjadi warga negara Tiongkok. Permohonan Paus yang tidak terduga ini muncul karena latar belakang tertentu, karena selama beberapa tahun terakhir, kebijaksanaannya dalam menghadapi penindasan terhadap gerakan pro-demokrasi di Hong Kong telah membuatnya mendapat kritik. Selain itu, perjanjian tahun 2018 antara Takhta Suci dan Republik Rakyat Tiongkok mengenai pengangkatan uskup, meskipun diperbarui pada tahun 2020 dan 2022.

Pada tanggal 15 Juli lalu, Takhta Suci mengumumkan penunjukan Uskup Shanghai, Mgr. Joseph Shen Bin yang telah diputuskan beberapa minggu sebelumnya oleh otoritas Tiongkok tanpa berkonsultasi dengan Vatikan. Daripada penunjukan formal, ini merupakan pengakuan atas fait accompli.

Dalam konteks ini, pengangkatan Kardinal untuk Uskup Hong Kong saat ini, Mgr. Stephen Chow Sau-yan, pada tanggal 30 September mendatang, tampaknya menjadi isyarat penting, menjadikan kardinal baru ini sebagai mediator sejati antara Roma dan Tiongkok.

Dikenal karena kemahiran diplomatiknya, Mgr. Chow telah berhasil mendapatkan kepercayaan dari pendahulunya Kardinal Zen, meskipun pendahulunya Kardinal Zen memiliki reputasi sebagai penentang keras Perjanjian Sino – Vatikan tahun 2018, dan dalam menjalin hubungan dengan Tiongkok daratan.

“Secara khusus, saya mengunjungi Beijing pada bulan April lalu untuk bertemu dengan uskup agung ibu kota Tiongkok dan memperkuat pertukaran antara keuskupan Beijing dan Hong Kong,” ujar Mgr. Chow.

Pernyataan spontan Paus asal Argentina tersebut membangkitkan emosi yang besar di stadion, memberikan dimensi dan resonansi khusus pada kunjungannya ke Mongolia jauh melampaui negara stepa ini. Beberapa umat Tionghoa di aula meneriakkan “Ciao ni hao viva il papa,” yang merupakan campuran bahasa Italia dan Mandarin yang dapat diterjemahkan sebagai “salut, selamat datang, hidup Paus!”

Paus Fransiskus, setelah ucapan terima kasih Kardinal Giorgio Marengo, juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Mongolia atas keramahtamahan mereka.

“Yang Mulia, Anda mengingatkan kami bahwa dalam bahasa Mongolia kata ‘Terima kasih’ berasal dari kata kerja ‘bersukacita’. Ucapan terima kasih saya sangat cocok dengan wawasan bahasa lokal yang luar biasa ini, karena penuh dengan kegembiraan. Ini adalah ucapan ‘Terima kasih’ yang sebesar-besarnya kepada rakyat Mongolia, atas anugerah persahabatan yang saya terima pada hari-hari ini, atas kemampuan tulus Anda dalam menghargai aspek kehidupan yang paling sederhana sekalipun, dengan bijak menjaga hubungan dan tradisi, dan membina kehidupan sehari-hari. hidup dengan hati-hati dan penuh perhatian,” ujar Kardinal Marengo.

Pastor Teilhard de Chardin

Di akhir doa Angelus, Paus juga memberikan penghormatan kepada Jesuit Perancis Pastor Pierre Teilhard de Chardin (1881-1955), yang terlibat dalam penelitian geologi di Tiongkok sejak tahun 1920-an dan diakui sebagai salah satu pemikir paling cemerlang di Tiongkok pada masanya, namun hal itu dicurigai sebagai heterodoksi di mata Roma. Sebaliknya, Paus Yesuit pertama dalam sejarah telah menyoroti visi Ekaristi dari penulis Misa di Dunia.

“Untuk merayakan Misa di negeri ini mengingatkan saya akan doa yang dipanjatkan oleh Pastor Pierre Teilhard de Chardin SJ kepada Tuhan tepat seratus tahun yang lalu, di Gurun Ordos, tidak jauh dari sini,” jelas Paus, mengutip kata-kata tersebut dengan Jesuit Perancis: “Ya Tuhan, aku bersujud di hadapan kehadiran-Mu di alam semesta yang kini menjadi nyala api yang hidup: di bawah kelurusan semua yang akan kuhadapi hari ini, semua yang terjadi padaku, semua yang kucapai, itu adalah Engkau Aku menginginkannya, kamu aku tunggu.”

Imam ini, yang sering disalahpahami, telah mempunyai intuisi bahwa “Ekaristi selalu dirayakan di altar dunia” dan merupakan “pusat kehidupan alam semesta, inti cinta yang meluap-luap dan kehidupan yang tiada habisnya” (Laudato Sì, 236), bahkan di masa seperti sekarang ini, yang ditandai dengan konflik dan peperangan. Maka, marilah kita berdoa pada hari ini, sesuai kata-kata Pastor Teilhard de Chardin: “Firman yang Bercahaya, Kekuatan yang menyala-nyala, engkau yang membentuk berbagai macam hal untuk memberikan kehidupan ke dalamnya, aku berdoa kepadamu, serahkan kepada kami tangan-tanganmu yang penuh kuasa, pertimbangkan dirimu sendiri, yang ada di mana-mana.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini