29.4 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Paus Fransiskus Mengutip Ajaran Buddha pada Acara Antaragama di Mongolia

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus berjalan bersama Khamba Nomun Khan kepala Biara Budha Gandan di Ulan Bator, Mongolia. Catholic Register

    ULAN BATOR, Pena Katolik – Dalam pertemuan dengan umat Buddha, Dukun, Shinto, dan perwakilan agama lainnya di Mongolia, Paus Fransiskus mengatakan pada hari Minggu bahwa dialog antaragama “tidak bertentangan dengan proklamasi” tetapi membantu tradisi agama untuk memahami satu sama lain.

    “Dengan kerendahan hati dan semangat pelayanan Gereja mempersembahkan harta yang telah diterimanya kepada setiap orang dan budaya, dalam semangat keterbukaan dan dengan menghormati apa yang ditawarkan oleh tradisi agama lain,” kata Paus Fransiskus dalam pidatonya. di Teater Hun Ulan Bator pada bulan 3 September 2023.

    “Tradisi keagamaan, dengan segala kekhasan dan keragamannya, mempunyai potensi yang mengesankan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan,” tambahnya.

    Paus Fransiskus bertemu dengan 12 pemimpin agama dan perwakilan di pusat seni pertunjukan di Gunung Bogd Khan Uu yang menghadap ke Ibu Kota Mongolia. Teater ini dibangun dalam bentuk melingkar dari tempat tinggal yurt nomaden tradisional Mongolia yang disebut “ger.” Dalam pidatonya, Paus Fransiskus dua kali mengutip “Dhammapada,” teks Buddhis yang paling banyak dibaca dan merupakan kumpulan perkataan Sang Buddha.

    “Keharuman bunga menyebar hanya ke arah angin, keharuman mereka yang hidup berdasarkan kebajikan menyebar ke segala arah,” kata Paus, mengutip “Dhammapada.”

    Hampir 90% orang Mongolia beragama Buddha. Mongolia juga merupakan rumah bagi seorang anak laki-laki yang dianggap sebagai reinkarnasi Buddha ke-10, yang ditemukan oleh Dalai Lama pada tahun 2016. Pada pergantian abad, diperkirakan terdapat 110.000 biksu Buddha dan 700 biara di Mongolia.

    Seorang misionaris Katolik Perancis yang mengunjungi tempat yang sekarang disebut Mongolia pada akhir abad ke-19 melihat suksesi biara-biara Budha di Mongolia dan mencatat bahwa negara yang luas ini juga cocok untuk biara kontemplatif Katolik, sebuah mimpi yang disampaikan oleh Kardinal Giorgio Marengo, prefek apostolik Mongolia.

    Di bawah pemerintahan satu partai di Republik Rakyat Mongolia, banyak biara dihancurkan dan ditutup dan sekitar 17.000 biksu Buddha dibunuh, sementara banyak lainnya meninggalkan kehidupan beragama. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir, negara ini mengalami kebangkitan agama secara sederhana dengan gerakan membangun kembali biara-biara Buddha yang hancur setelah jatuhnya Uni Soviet, saat ini sekitar 40% penduduk Mongolia masih ateis atau tidak beragama.

    “Semoga kenangan akan penderitaan di masa lalu, di sini saya memikirkan khususnya komunitas Budha, memberikan kekuatan yang dibutuhkan untuk mengubah luka gelap menjadi sumber cahaya, kekerasan yang tidak masuk akal menjadi kebijaksanaan hidup, kejahatan yang menghancurkan menjadi kebaikan yang membangun,” kata Paus Fransiskus pada acara tersebut. pertemuan.

    Gusev, yang mewakili Gereja Ortodoks Rusia pada acara tersebut, juga mengenang penganiayaan yang dialami umat Kristen di Mongolia pada abad ke-20, khususnya penyiksaan dan pembunuhan Pastor Ortodoks Feodor Parnyakov oleh Jenderal Rusia Baron Ungern von Sternberg pada tahun 1921.

    Dalam pidatonya, Paus Fransiskus mengutip kalimat lain yang dikaitkan dengan Sang Buddha: “‘Orang bijaksana bergembira dalam memberi, dan dengan itu saja dia menjadi bahagia.”

    Umat ​​​​Kristen adalah minoritas kecil di Mongolia yang mewakili 2,2% orang yang menganut keyakinan agama di negara tersebut. Jumlah umat Katolik di Mongolia yang berjumlah 1.450 jiwa kurang dari 1% dari 3,3 juta penduduk Mongolia, namun Gereja telah berkembang dengan 35 baptisan pada tahun lalu.

    Pada acara antaragama tersebut, Dambajav Choijiljav, kepala Biara Buddha Zuun Khuree Dashchoilin, dan Jargalsaikhan bertemu dengan paus dan memberikan pidato. Perwakilan agama lainnya pada pertemuan tersebut termasuk Adiyakhuu Oktyabri dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, seorang Morman, dan perwakilan dari komunitas Baha’i Mongolia.

    “Saya ingin meyakinkan Anda bahwa Gereja Katolik ingin mengikuti jalan ini, karena yakin akan pentingnya dialog ekumenis, antaragama, dan budaya. Imannya didasarkan pada dialog abadi antara Tuhan dan umat manusia yang menjadi manusia dalam pribadi Yesus Kristus,” kata Paus Fransiskus kepada para pemimpin agama.

    Setelah acara antaragama tersebut, Paus Fransiskus akan kembali ke prefektur apostolik Ulaabaatar untuk makan siang sebelum memimpin Misa Minggu sore di Steppe Arena, Mongolia. Paus berusia 86 tahun itu akan melakukan perjalanan pulang selama 11,5 jam ke Roma pada Senin sore. Paus juga mengutip tulisan Mahatma Gandhi tentang “kemurnian hati” dan filsuf eksistensialis Lutheran Soren Kierkegaard tentang harapan.

    Setelah Budha, Islam dan Shamanisme merupakan sekitar 5% dari populasi Mongolia yang menyatakan identitas agama pada sensus tahun 2020. Dalam perdukunan Mongolia, dukun mengalami kesurupan untuk berkomunikasi dan terkadang dirasuki oleh makhluk spiritual. Pengorbanan hewan, khususnya kuda, terkadang masih menjadi bagian dari ritual perdukunan, serta musik, tarian, dan nyanyian.

    Dalam pidato pertama Paus di hadapan pejabat pemerintah Mongolia, Paus mengatakan bahwa “visi holistik dari tradisi perdukunan Mongolia, dikombinasikan dengan penghormatan terhadap semua makhluk hidup yang diwarisi dari filosofi Budha, dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya yang mendesak dan tidak dapat lagi ditunda untuk melindungi masyarakat Mongolia.” dan melestarikan planet ini.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI