Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Imam dan Seminaris Nigeria yang Diculik Telah Dibebaskan oleh Para Penculiknya

Seseorang membawa bendera Nigeria. IST

NIGERIA, Pena Katolik – Seorang pastor dan seorang seminaris yang diculik di Kawasan Tengah Nigeria telah dibebaskan setelah tiga minggu disandera. Pastor Paul Sanogo dan Frater Melchior Mahinini, dari Misionaris Afrika (juga dikenal sebagai White Fathes), diculik dari pastoran mereka di Keuskupan Minna oleh penjahat pada tanggal 2 Agustus 2023, negara bagian Niger. Mereka dibebaskan pada tanggal 23 Agustus 2023.

Dalam sebuah pernyataan yang dilihat oleh badan amal Katolik Aid to the Church in Need (ACN), Pastor Dennis Dashong Pam, pemimpin provinsi Misionaris Afrika di Ghana-Nigeria, menulis: “Mereka berdua baik-baik saja, hidup dan sehat, meskipun mengalami pengalaman traumatis. mereka melewati tangan para penculiknya.

“Saya sangat gembira, dan sama seperti banyak saudara kami, kami merasa lega. Kami telah memikirkan banyak hal tentang keluarga mereka yang tidak bisa tidur – sudah tiga minggu.”

Pastor Pam menambahkan pembebasan mereka merupakan konfirmasi atas doa dan dukungan semua pihak. Ia mengucapkan terima kasih kepada otoritas keuskupan karena telah memberikan “nasihat, strategi dan logistik yang tepat”.

Belum Berhenti

Sepanjang tahun ini, 13 imam Katolik telah ditawan di Nigeria dan kemudian dibebaskan, namun tiga pendeta yang diculik pada tahun-tahun sebelumnya masih hilang dan dua lainnya dibunuh, menurut data resmi yang diperoleh ACN. Antara Januari 2021 dan Juni 2022, lebih dari 7.600 umat Kristen Nigeria dibunuh dan 5.200 diculik, menurut temuan ACN tahun 2022 Dianiaya dan Terlupakan. Data ini tertuang dalam laporan mengenai umat Kristiani yang ditindas karena Iman mereka. Pada tahun 2022, Nigeria menduduki peringkat keenam dalam Indeks Terorisme Global dan menempati peringkat 143 dari 163 negara dalam Indeks Perdamaian Global.

Megan Meador, Staf Komunikasi pada organisasi advokasi hukum berbasis agama, Alliance Defending Freedom International, mengatakan bahwa 20 tahun terakhir ini ditandai dengan tren penurunan toleransi beragama di Nigeria, khususnya di wilayah Utara – dan negara tersebut menjadi terkenal sebagai negara yang paling miskin. penganiaya umat Kristen terburuk di dunia.

Dari umat Kristen yang dibunuh tahun lalu karena keyakinan mereka, 90 persennya adalah warga Nigeria, katanya. Menurut laporan pada bulan April oleh Masyarakat Internasional untuk Kebebasan Sipil dan Supremasi Hukum (Intersociety), sebuah LSM yang berkantor pusat di Nigeria Timur, setidaknya 52.250 orang telah terbunuh selama 14 tahun terakhir di Nigeria karena mereka beragama Kristen.

“Ada lebih banyak martir Kristen di Nigeria dibandingkan di mana pun di dunia. Sembilan puluh persen orang Kristen yang dibunuh karena keyakinan mereka selama setahun terakhir telah dibunuh di Nigeria,” kata Meador kepada Crux.

Konstitusi Nigeria secara eksplisit melarang pemerintah federal dan negara bagian untuk mendirikan agama negara, melarang prasangka agama, dan menjamin hak masyarakat untuk bebas memilih, mengamalkan, menyebarkan, atau mengubah keyakinan mereka. Meador mengakui bahwa Konstitusi pada dasarnya “memberikan perlindungan yang kuat terhadap kebebasan beragama, setara dengan perlindungan yang diberikan oleh hukum internasional. Namun ketika negara menerapkan hukum pidana syariah, hal tersebut jelas melampaui konstitusi dan membawa akibat yang tragis.

“Kami mempunyai kasus-kasus di mana umat Kristiani dibawa ke pengadilan Syariah, tanpa yurisdiksi, dan dituduh melakukan kejahatan seperti murtad, yang tidak seharusnya menjadi kejahatan di Nigeria,” katanya.

Meador mengatakan organisasinya telah mendukung kasus kebebasan beragama di Nigeria selama bertahun-tahun. Mereka termasuk umat Kristen yang menghadapi serangan, tuduhan palsu, dan diskriminasi, serta kelompok agama minoritas yang ingin mengekspresikan keyakinan mereka secara bebas tanpa takut akan undang-undang dan tuduhan penodaan agama.

“Para pengacara yang bekerja sama dengan kami adalah pembela yang luar biasa, berdedikasi, dan tak kenal lelah atas hak dasar kebebasan beragama, dan kami telah mendukung pertumbuhan lebih banyak pengacara untuk melindungi lebih banyak individu.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini