29.4 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Dari Roma ke Pontianak: Uskup Terpilih Banjarmasin Ungkap Dukungan Luar Biasa terhadap JPIC

BERITA LAIN

More
    Uskup Terpilih Banjarmasin, Mgr Victorius Dwiardy OFMCap -tengah memberikan kata sambutan

    Pena Katolik, Pontianak – Selasa 22 Agustus 2023 – Temu INFO JPIC Indonesia 2023, yang mengusung tema “Menanggulangi dan Mengatasi Perbudakan Manusia (Human Trafficking) di Era Modernitas”, menghadirkan narasumber berpengalaman dan dukungan luar biasa dari tokoh gereja.

    Acara ini diselenggarakan pada Selasa, 22 Agustus 2023, di Pontianak, Kalimantan Barat.

    Salah satu sorotan utama adalah kehadiran Pastor Chrisanctus Paschalis Saturnus sebagai narasumber utama. Peserta dari berbagai daerah berkumpul untuk mendengarkan wawasan dan pandangan Pastor Saturnus mengenai perjuangan melawan human trafficking.

    Kejutan kehadiran Uskup Victorius OFMCap

    Namun, tak hanya itu yang menjadi kejutan bagi para peserta. Uskup Terpilih Banjarmasin, Mgr Victorius Dwiardy OFMCap, juga hadir untuk memberikan dukungan nyata kepada perjuangan melawan human trafficking melalui JPIC.

    Dalam kata sambutannya, Uskup Victorius dengan tulus berbagi pengalaman dan pandangannya terkait isu tersebut.

    “Saya adalah anggota Kapusin Pontianak, berasal dari Kabupaten Bengkayang Sanggau Ledo, daerah yang juga terdampak Human Trafficking dan perdagangan gelap,” kata Uskup Victorius.

    Dia melanjutkan dengan menjelaskan pengalaman profesionalnya selama 10 tahun di Dewan Jendral Roma untuk wilayah Asia Pasifik.

    Di masa itu, ia mendapatkan wawasan yang mendalam mengenai perjuangan JPIC di dunia.

    Uskup Terpilih Banjarmasin, Mgr Victorius Dwiardy OFMCap (pojok kiri), Pastor Alfred OFMCap (tengah, Moderator) dan Pastor Paschal (Pojok kanan – Narasumber)

    Perjuangan melawan perbudakan manusia

    Pentingnya perjuangan melawan perbudakan manusia dan masalah kemanusiaan lainnya tak dapat disangkal.

    Uskup Victorius menegaskan bahwa ini sesuai dengan misi gereja dalam membangun kerajaan Allah dan menyuarakan keadilan bagi yang tak bisa bersuara.

    “Kita harus terjun langsung, menanam kepedulian dengan gerakan nyata melalui JPIC,” tambahnya.

    Memperbaiki martabat hidup

    Uskup Victorius juga mengajak para peserta untuk berkontribusi dalam memperbaiki martabat hidup saudara-saudari yang kurang beruntung.

    Dia berbicara tentang pentingnya aksi konkret dan gerakan nyata dalam memerangi permasalahan ini.

    “Bersama-sama, kita akan menjadi kuat dan lebih berpengaruh. Langkah kecil yang kita ambil akan berkembang menjadi kebaikan yang berdaya guna untuk keutuhan ciptaan Tuhan,” tandasnya.

    Dukungan dan semangat yang ditunjukkan oleh Uskup Victorius Dwiardy OFMCap memberikan dorongan besar bagi semua peserta Temu INFO JPIC Indonesia 2023.

    Melalui pertemuan ini, semakin banyak individu yang terinspirasi untuk terlibat dalam perjuangan melawan human trafficking dan menegakkan keadilan bagi sesama. (PEN@/Samuel).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI