29.7 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Paus Fransiskus Akan Mengutus Kardinal Matteo Zuppi untuk Mengunjungi Tiongkok

BERITA LAIN

More
    Kardinal Matteo Zuppi. Crux

    VATIKAN, Pena Katolik – Dalam wawancara yang baru diterbitkan, Paus Fransiskus membenarkan rumor bahwa Kardinal Matteo Zuppi, utusan khusus Vatikan untuk perdamaian di Ukraina, akan segera mengunjungi Tiongkok. Kunjungan Kardinal Zuppi ke Beijing sebagai bagian dari “serangan perdamaian” Vatikan, yang telah mencakup kunjungan ke Kyiv, Moskow, dan Washington, D.C. Paus Fransiskus mempertimbangkan untuk menunjuk perwakilan tetap sebagai jembatan antara Rusia dan Ukraina.

    Sebelumnya dalam laporan di Crux, setelah melakukan perjalanan ke Kyiv, Moskow, dan Washington Kardinal Zuppi mungkin akan menuju ke Beijing. Setelah ditunjuk Paus sebagai utusan perdamaian pribadinya untuk perang Ukraina awal musim panas ini, Kardinal Zuppi melakukan kunjungan 5-6 Juni ke Kyiv, di mana dia bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan pemimpin Gereja dan pemerintah tingkat atas lainnya. Ia lalu ke Moskow pada 28-29 Juni, di mana dia bertemu dengan anggota kementerian luar negeri Rusia serta Patriark Kirill dari Moskow, tetapi tidak bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

    Salah satu poin pembicaraan utama selama setiap kunjungan adalah pertukaran tahanan antara Rusia dan Ukraina, serta kembalinya anak-anak Ukraina yang dideportasi secara paksa ke Rusia. Permintaan ini dibuat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dari Vatikan selama kunjungan ke Roma pada bulan Mei 2023. Menurut Kyiv, sejauh ini ada sekitar 19.592 anak yang telah diambil dari Ukraina dan dideportasi ke Rusia.

    Untuk usaha perdamaian ini, Kadinal Zuppi berusaha melibatkan Amerika Serikat dan Tiongkok. Ia baru saja menyelesaikan tahap ketiga dari misinya, di mana dia mengunjungi Washington dari 17-19 Juli. Ia bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, anggota AS. Komisi Keamanan dan Kerjasama di Eropa, peserta Sarapan Doa Senat, dan U.S. otoritas gerejawi.

    Berbagai media Italia telah melaporkan bahwa tahap selanjutnya dari misi Zuppi adalah mengunjungi Beijing, di mana dia akan bertemu dengan pihak berwenang Tiongkok  untuk membahas prakarsa kemanusiaan dan perdamaian lainnya. Ia juga akan mendiskusikan, pertukaran tahanan dan pemulangan anak-anak Ukraina.

    Pejabat Tiongkok tampaknya bersedia menerima Kardinal Zuppi, yang kunjungannya dilaporkan telah disetujui dan tanggalnya sedang diatur. Beberapa pengamat menyarankan pertengahan Agustus 2023.

    Jika Kardinal Zuppi mengunjungi Beijing, itu akan menandai langkah maju yang signifikan dalam hal hubungan Vatikan-Tiongkok. Selama ini, keduanya tidak memiliki hubungan diplomatik resmi selama lebih dari 70 tahun sejak pemimpin Tiongkok, Mao mengambil alih kekuasaan dan memaksa Duta Besar Vatikan untuk Tiongkok, Uskup Agung Antonio Riberi, untuk pergi dari negara itu. Kardinal Zuppi ke Beijing akan menandai kunjungan pertama pejabat tinggi Vatikan sejak Kardinal Roger Etchegaray yang datang pada tahun 1980.

    Sejauh ini, Tiongkok, yang memiliki hubungan kuat dengan Rusia, telah berjalan dengan hati-hati dalam perang Rusia-Ukraina. Tiongkok menolak untuk mengutuk invasi Rusia pada 24 Februari 2022, tetapi menyerukan para pihak untuk menghindari serangan terhadap infrastruktur sipil utama. Tiongkok juga telah mendesak pihak-pihak di Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk melanjutkan pembicaraan tentang pengamanan pangan dan dimulainya kembali ekspor biji-bijian dan pupuk.

    Tiongkok umumnya mengambil kebijakan tidak ikutcampur tangan dalam konflik di luar perbatasannya. Tiongkok bahkan semakin dilihat sebagai mediator potensial dalam perang Ukraina-Rusia.

    Menurut Marco Impagliazzo, presiden Komunitas Sant’Egidio, kunjungan Kardinal Zuppi ke Tiongkok tidak hanya mungkin, tetapi juga diinginkan. Tiongkok adalah lawan bicara penting dalam geopolitik global dan dapat memiliki pengaruh terhadap Rusia.

    Kunjungan Zuppi, dan kesediaan pejabat Tiongkok untuk menerimanya, juga terjadi di tengah peningkatan upaya Vatikan untuk mendorong hubungan yang lebih formal. Dalam wawancara baru-baru ini, Sekretaris Negara Vatikan Kardinal Italia Pietro Parolin membahas keputusan Paus untuk mengakui pemindahan seorang uskup ke Tiongkok awal tahun ini tanpa sepengetahuan atau persetujuannya meskipun faktanya hal itu melanggar ketentuan perjanjian sementara tahun 2018.

    Parolin mengatakan, Paus Fransiskus membuat keputusan “mengingat kebaikan yang lebih besar dari keuskupan dan pelaksanaan yang bermanfaat” dari pelayanan uskup di sana. Ia menekankan perlunya kolaborasi yang lebih besar antara Tahta Suci dan otoritas Tiongkok  dalam keputusan ini dan mengatakan “kantor penghubung yang stabil” akan “sangat membantu” dalam memfasilitasi dialog lebih lanjut dan memastikan kolaborasi dalam semua keputusan terkait penunjukan uskup.

    Sebuah sumber yang mengetahui proposal untuk kantor penghubung telah menekankan bahwa pejabat Vatikan telah mendorong untuk kehadiran permanen di Tiongkok  untuk “waktu yang lama” dan bahwa mereka ingin kantor tersebut berada di Beijing.

    Kembali ke pembahasan kunjungan Kardinal Zuppi ke Tiongkok, kemungkinan akan dilihat tidak hanya sebagai upaya untuk mengurangi perang Rusia-Ukraina, tetapi juga sebagai bagian dari agenda jangka panjang Vatikan sendiri.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI