30 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Kardinal Suharyo Kunjungi Akademi Militer Surabaya dan Magelang

BERITA LAIN

More
    Kardinal Ignatius Suharyo saat tiba di Akademi Militer Magelang Jawa Tengah. Akmil Magelang

    MAGELANG, Pena Katolik – Uskup Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI), Kardinal Ignatius Suharyo mengunjungi Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Kamis 03 Agustus 2023. Kunjungan Kardinal Suharyo ini ingin menunjukkan rasa hormat dan kepedulian terhadap peran serta Akademi Militer dalam mencetak generasi calon pemimpin bangsa dalam lingkup TNI-Polri.

    Kardinal Suharyo disambut Gubernur Akademi Militer Magelang, Mayjen TNI Erwin Djatniko, beserta staf. Selanjutnya, Kardinal Suharyo mengunjungi Museum Taruna Abdul Djalil. Ia juga berkeliling melihat fasilitas pendidikan dan latihan latihan di Akademi Militer.

    Pada kunjungan ini, Kardinal Suharyo memimpin Misa Gereja Katolik Santo Mikael Pancaarga Komplek Perumahan Akmil. Misa ini diikuti umat Katolik Organik TNI/Polri, PNS TNI/Polri, Taruna Akmil, Siswa Sepa PK TNI, Cadet UNHAN, Purnawirawan dan keluarga se-Garnisun Magelang dalam Perayaan Ekaristi Selebrasi dengan 6 orang Romo yang lain, termasuk 2 Romo yang masih berstatus Siswa Sepa PK TNI yaitu Siswa Bernadus Satya Nugraha dan Siswa Fransiskus Riyanto.

    Pada kesempatan ini, Kardinal Suharyo berterima kasih atas pengabdian umat Katolik di lingkungan OCI yang telah menjadi abdi bagi bangsa. Ia mengingatkan, kehidupan sebagai anggota TNI/Polri adalah juga sarana untuk mewujudkan iman.

    Pada kunjungan ini, Kardinal Suharyo didampingi Laksda TNI AR Agus Santoso, Kol Sus Yos. Bintoro, Pr (Wakil Uskup TNI/Polri), dan Kol CKM Dwi.

    Kardinal Ignatius Suharyo saat tiba di Akademi Militer Angkatan Laut Surabaya Jawa Timur. Akmil AL Surabaya

    Markas Angkatan laut

    Sehari sebelumnya, Kardinal Suharyo Akademi Angkatan Laut Surabaya, Rabu 2 Agustus 2023. Pada kunjungan ini, Kardinal Suharyo disambut Sekretaris Lembaga Akademi TNI Angkatan Laut (Seklem AAL), Laksamana Pertama TNI Ni Ketut Prabhawati, mewakili Gubernur AAL Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi.

    Dalam kunjungannya ini, Uskup Ignatius Kardinal Suharyo didampingi Romo Yos Bintoro  selaku Wakil Uskup, Laksda TNI AR Agus Santoso, Marsda TNI Purnawirawan Pak Yan Manggesa, Irjen Pol Purnawirawan Heribertus Dahana, Brigjen TNI Purnawirawan Pontianus Gunung Sarasmoro, Kolonel CKM Dwi Basuki, Kombes Yoh de Deo, Mayor Laut (KH) Paulus Angandi Arum dan Kapten Caj Robertus Ardedi. Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka melaksanakan audiensi dengan pimpinan lembaga AAL.

    Di Akademi AL, Kardinal Suharyo memimpin  Misa bersama personel militer, PNS dan Taruna AAL yang beragama Katolik bersama keluarga besar anggota tetap umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri di Gereja St. Yosafat, Surabaya. Kegiatan kunjungan ini sebagai tindak lanjut pada kunjungan Uskup Ignatius Kardinal Suharyo kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada tanggal 9 Maret 2023 yang lalu di Jakarta.

    Indonesia adalah satu dari beberpa negara yang memiliki Keuskupan Militer. Adanya keuskupan ini adalah tindak lanjut dari relasi Vatikan-Indonesia. Setelah pengakuan Vatikan atas kemerdekaan Indonesia, Tahta Suci Vatikan pada tahun 1949 mendirikan OCI dengan uskup pertama Mgr. Albertus Sugiyopranoto SJ, sebagai Uskup Vikariat (Keuskupan) Militer di Indonesia.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI