33 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Kardinal Zuppi Bertemu dengan Biden, Membahas Pedamaian di Ukraina

BERITA LAIN

More
    Kardinal Matteo Zuppi saat bejumpa dengan Paus Fransiskus. Vatican Media

    WASHINGTON, Pena Katolik – Kardinal Italia Matteo Zuppi bertemu dengan Presiden Joe Biden Selasa malam, 18 Juli 2023 untuk membahas upaya kemanusiaan Vatikan di Ukraina yang dilanda perang. Sebuah pernyataan dari Gedung Putih setelah pertemuan dua setengah jam berbunyi:

    “Mereka … membahas upaya Takhta Suci dalam memberikan bantuan kemanusiaan untuk mengatasi penderitaan yang meluas yang disebabkan oleh agresi berkelanjutan Rusia di Ukraina, serta advokasi Vatikan untuk kembalinya anak-anak Ukraina yang dideportasi secara paksa.”

    Pemerintah Ukraina mengatakan bahwa Rusia secara paksa mendeportasi ribuan anak Ukraina ke Rusia setelah invasi tahun lalu. Pada bulan April, Paus Fransiskus mengatakan Tahta Suci bermaksud untuk membantu memfasilitasi kembalinya anak-anak Ukraina.

    “Ini adalah masalah kemanusiaan sebelum masalah rampasan perang atau pemindahan yang disebabkan oleh perang,” kata paus.

    Paus Fransiskus pada bulan Juni 2023 menunjuk Zuppi sebagai utusan khususnya. Pernyataan Vatikan sebelum pertemuan, yang merupakan bagian dari kunjungan tiga hari ke ibu kota negara, menyatakan bahwa tujuan pertemuan Zuppi adalah untuk mempromosikan perdamaian dan mendukung upaya kemanusiaan.

    Berbicara kepada EWTN sebelum pertemuan Zuppi, Mgr.  Christophe Pierre, Nunsius Apostolik untuk Amerika Serikat, yang baru-baru ini diangkat Paus Fransiskus sebagai kardinal, mengatakan bahwa Kardinal Zuppi mendapat kepercayaan penuh dari Paus untuk menyampaikan upaya perdamaian Vatikan.

    “Bapa Suci ingin membantu dalam proses perdamaian, dan dia sepenuhnya menyadari kesulitan situasi ini. Dia ingin memperkenalkan dialog ke dalam diskusi,” kata Pierre.

    Menurut pernyataan Gedung Putih, Biden juga berbagi harapannya untuk kelanjutan pelayanan dan kepemimpinan global Paus Fransiskus. Kunjungan Zuppi berusaha untuk memfasilitasi pertukaran ide dan pendapat mengenai situasi tragis saat ini serta untuk memberikan dukungan bagi prakarsa kemanusiaan yang bertujuan meringankan penderitaan orang-orang yang paling rentan, terutama anak-anak,” demikian pernyataan dari Vatikan.

    Pada awal Juni 2023, Kardinal Zuppi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan para pemimpin politik dan agama lainnya di Kyiv. Dia juga bertemu dengan Patriark Kirill Ortodoks Rusia selama kunjungan ke Moskow menjelang akhir Juni.

    Awal bulan ini, Biden mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan memberikan bantuan militer ke Ukraina senilai $800 juta. Paket tersebut akan mencakup amunisi konvensional yang ditingkatkan dengan tujuan ganda untuk Ukraina, yang lebih dikenal sebagai bom cluster.

    Bom curah dilarang oleh lebih dari 100 negara, termasuk sebagian besar negara Eropa dan Takhta Suci, karena tingginya tingkat korban sipil yang disebabkan oleh senjata tersebut. Amerika Serikat, Rusia, dan Ukraina belum melarang penggunaan senjata ini.

    United State Conference of Catholic Bishops/USCCB (Konferensi Uskup Amerika Serikat) menyatakan keprihatinan tentang penyertaan bom cluster dalam paket tersebut karena “sifatnya yang tidak pandang bulu dan berisiko terhadap penduduk sipil lama setelah pertempuran berhenti.”

    “Paus Fransisku telah membahas konvensi tentang ranjau anti-personil dan munisi tandan, mendesak semua negara untuk berkomitmen pada konvensi ini ‘agar tidak ada lagi korban ranjau,’” benyi pernyataan dari Mgr. Rockford David Malloy, Ketua Komite USCCB untuk Internasional Keadilan dan Perdamaian.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI