28.6 C
Jakarta
Wednesday, May 8, 2024

Paus Berduka atas Wafatnya Imam Konsili Terakhir Italia

BERITA LAIN

More
    Mgr. Luigi Bettazzi. Aleteia

    VATIKAN, Pena Katolik – Dalam sebuah telegram belasungkawa yang diterbitkan oleh Tahta Suci pada 18 Juli 2023, Paus Fransiskus memberikan penghormatan kepada Mgr. Luigi Bettazzi, Uskup Emeritus dari Ivrea, yang meninggal pada 16 Juli pada usia 99 tahun. Prelatus itu adalah bapak konsili Italia terakhir, atau peserta dalam Konsili Vatikan II.

    Pesan itu dikirim oleh Kardinal Sekretaris Negara, Pietro Parolin kepada Uskup Ivrea saat ini, Mgr. Edoardo Aldo Cerrato. Di dalamnya, Paus mengungkapkan “kedekatan spiritual” dengan mereka yang berduka dan mereka yang berduka atas meninggalnya prelatus itu, yang “begitu dicintai dan dihargai oleh orang-orang yang ditemuinya selama pelayanannya yang panjang dan berbuah.”

    Seorang saksi pemberani

    Paus memberikan penghormatan kepada seorang pencinta Injil yang hebat yang membedakan dirinya karena kedekatannya dengan orang miskin, menjadi tanda kenabian keadilan dan perdamaian pada waktu-waktu tertentu dalam sejarah Gereja. Dia mengungkapkan rasa terima kasihnya atas “saksi berani Dewan” ini.

    Lahir di Treviso pada 26 November 1923, dan ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1946, Mgr. Bettazzi melayani sebagai uskup pembantu di Keuskupan Bologna bersama Kardinal Giacomo Lercaro. Dia berpartisipasi bersama Kardinal Lercaro dalam Konsili Vatikan II, termasuk sesi terakhir majelis pada tahun 1963.

    Kepala Gereja Katolik memuji dia sebagai “orang yang suka berdialog dan menjadi rujukan bagi banyak perwakilan kehidupan publik dan politik Italia. Ia dikenal berkomitmen tinggi untuk mempromosikan perdamaian dan dialog, termasuk dengan orang yang tidak beriman, Uskup Bettazzi adalah presiden organisasi Internasional Pax Christi selama 17 tahun.

    Berdoa agar Tuhan memberikan “pahala abadi” kepada almarhum, Paus Fransiskus menganugerahkan berkat apostoliknya kepada komunitas Keuskupan Ivrea, serta Kota Bologna.

    Uskup Bettazzi juga merupakan penandatangan terakhir dari “Pakta Katakombe”, yang secara diam-diam ditandatangani oleh sekitar 40 bapa Konsili pada tanggal 16 November 1965, beberapa hari sebelum penutupan Konsili Vatikan II (1962-1965). Di akhir Misa di Katakombe Domitilla di selatan Roma, para penandatangan berjanji untuk meninggalkan hak istimewa dan menjalani “kehidupan dalam kemiskinan”, baik dalam hal perumahan, makanan, alat transportasi atau pakaian.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI