29.5 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Kardinal Robert Sarah: Tidak Ada Sinode yang Dapat Menciptakan ‘Imamat Perempuan’

BERITA LAIN

More
    Kardinal Robert Sarah. CNA

    MEXICO CUTY, Pena Katolik – Kardinal Robert Sarah menekankan bahwa “imamat itu unik” dan memperingatkan bahwa “tidak ada dewan dan sinode” yang dapat “menciptakan imamat perempuan”. Prefek Emeritus Dikasteri untuk Ibadah Ilahi dan Disiplin Sakramen itu menegaskan dalam konferensi tentang keimamatan, berjudul “Pelayan Injil yang Bersukacita” yang diadakan pada tanggal 3 Juli 2023 di Conciliar Seminary, Mexico City, Meksiko.

    Kardinal Sarah meyakinkan bahwa tidak seorang pun “memiliki kekuatan untuk mengubah karunia ilahi ini dan untuk mengadaptasinya dengan mengurangi nilai transendennya menjadi sebatas budaya dan lingkungan.

    “Tidak ada dewan, tidak ada sinode, tidak ada otoritas gerejawi yang memiliki kekuatan untuk menemukan imamat perempuan, tanpa secara serius merusak fisiognomi abadi imam, identitas sakramentalnya, dalam visi eklesiologi Gereja yang diperbarui, misteri, persekutuan, dan misi. ,” tegasnya.

    Kardinal Sarah menekankan bahwa iman Katolik mengakui bahwa Sakramen Tahbisan, yang ditetapkan oleh Kristus Tuhan, adalah satu, identik dengan Gereja universal. Bagi Yesus, tidak ada imamat Afrika, Jerman, Amazon, atau Eropa. Imamat itu unik, identik dengan Gereja universal.

    Dalam konferensi itu, ia menyampaikan renungan “hidup sebagai seorang imam” dan menekankan bahwa “imamat adalah suatu misteri yang agung, agung, karunia yang begitu besar sehingga menyia-nyiakannya merupakan dosa”.

    “Imamat adalah anugerah ilahi yang harus diterima, dipahami, dan dihayati, dan Gereja selalu berusaha untuk memahami dan masuk lebih dalam ke dalam keberadaan imam yang nyata dan pantas, sebagai seorang yang dibaptis, dipanggil untuk menjadi alter Christus, Kristus yang lain,” jelasnya.

    Imam adalah abdi Allah yang siang dan malam berada di hadirat Allah untuk memuliakan dia, untuk memujanya. Imam adalah orang yang dikorbankan untuk memperpanjang pengorbanan Kristus demi keselamatan dunia. “Tugas pertama” para imam adalah berdoa, karena imam adalah seorang pendoa, dia memulai harinya dengan Ibadat Bacaan dan mengakhiri harinya dengan Ibadat penutup.

    “Seorang imam yang tidak berdoa, ia akan ‘mati’. Gereja yang tidak berdoa adalah Gereja yang mati.”

    Kardinal Sarah menyoroti kurangnya panggilan imamat, dia mendorong umat beriman untuk berdoa untuk panggilan.

    “Kristus menahbiskan 12 untuk seluruh dunia. Berapa banyak dari kita yang menjadi imam hari ini? Ada hampir 400.000 dari kita menjadi imam di dunia. Jumlah kita terlalu banyak,” katanya, mengutip pengamatan yang sama yang dilakukan oleh Paus Gregorius Agung pada abad ke-7.

    “Banyak yang telah menerima imamat, tetapi mereka tidak melakukan pekerjaan imam,” jelas Kardinal Sarah.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI