29.4 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Jambore Remaja Katolik Kevikepan Kepulauan Riau: Remaja Katolik Berjalan Bersama

BERITA LAIN

More
    Uskup Pangkalpinang, Mgr. Adrianus Sunarko dalam Jambore Remaja Kevikepan Kep Riau, 5 Juli 2023. IST

    KEP RIAU, Pena Katolik – Kegiatan Jambore Remaja Katolik Kevikepan Kepulauan Riau telah sukses berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 3 Juli – 5 Juli 2023. Acara yang mengusung tema “Remaja Katolik Berjalan Bersama Mewujudkan Gereja Partisipasi dengan Sukacita” ini berhasil menyatukan para remaja Katolik dari berbagai paroki dalam semangat kebersamaan dengan penuh sukacita.

    Jambore yang diikuti oleh 1.200 peserta remaja Katolik dari berbagai paroki wilayah di Kepulauan Riau ini diselenggarakan di Rempang-Batam yang disiapkan dengan baik untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan dan acara pembinaan rohani. Dalam acara ini, para peserta diajak untuk mengenal lebih dalam tentang iman Katolik, menguatkan komitmen mereka dalam mengikuti jejak Yesus Kristus, serta mendorong mereka berpartisipasi aktif dalam kehidupan menggerja.

    Salah satu momen puncak dalam jambore ini adalah perayaan Ekaristi yang diadakan pada hari terakhir kegiatan, tanggal 5 Juli. Misa suci tersebut di pimpin langsung dengan khidmat oleh Mgr. Adrianus Sunarko, uskup keuskupan Pangkalpinang. Dalam homilinya, Mgr. Adrianus Sunarko mengajak para Remaja Katolik untuk meneladani sosok Beato Carlos Acutis. Beato Carlos Acutis adalah seorang remaja Katolik yang hidupnya dipersembahkan untuk Tuhan dan Gereja. Beliau dikenal karena kesalehannya, khususnya dalam memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan pesan-pesan rohani dan memperkenalkan orang tentang Mukjizat Ekaristi dan banyak lagi hal lain yang di wartakan oleh Beato Carlo Acutis.

    Mgr. Sunarko menyampaikan pesan inspiratif tentang pentingnya berbuat baik dan menjalani kehidupan dengan sukacita seperti yang ditunjukkan oleh Beato Carlos Acutis. Para remaja diajak untuk menggunakan bakat dan potensi mereka untuk melayani Gereja dan sesama dengan penuh semangat.

    Acara ini juga dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, seperti sesi tanya jawab, cerdas cermat, diskusi kelompok, seminar dan sharing panggilan dari para imam dan biarawan/biarawati, permainan, serta pertunjukan seni dan budaya yang melibatkan para peserta. Semuanya ditujukan untuk meningkatkan koneksi sosial, mempererat tali persaudaraan, dan memperdalam pemahaman mereka tentang ajaran Katolik.

    Pastor Paroki Malaikat Agung Gabriel Romo Daniel Dionisius, menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaannya atas berlangsungnya acara ini dengan lancar. Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi dalam menyukseskan jambore tersebut. Diharapkan bahwa melalui kegiatan ini, para remaja Katolik di Kepulauan Riau akan semakin terinspirasi dan termotivasi untuk terus mengembangkan iman mereka, serta berperan aktif dalam membangun gereja yang partisipatif dan bersemangat. Semoga semangat dan kegembiraan yang dirasakan selama Jambore Remaja Katolik dapat terus terjaga dan menjadi sumber kekuatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. (Simplisius Lowam)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI