34 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Paus Menerima Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva

BERITA LAIN

More
    Paus fransiskus berjumpa dengan Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva. IST

    VATIKAN, Pena Kaolik – Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva bertemu dengan Paus Francis di Vatikan pada 21 Juni, pertama kali sejak terpilih kembali sebagai Presiden pada tahun 2022. Audiensi antara Paus dan Lula ini menandai kunjungan pertama Presiden Brazil itu sejak terpilih kembali pada November 2022 untuk memimpin negara itu untuk ketiga kalinya.

    Mereka menghabiskan waktu sekitar 45 menit dalam diskusi tertutup. Sebagai penutup, antara foto dengan delegasi dan gestur keramahtamahan, terjadi pertukaran bingkisan. Paus Fransiskus menyampaikan Pesan Hari Perdamaian Sedunia untuk tahun 2023, Dokumen Persaudaraan Manusia yang ditandatangani di Abu Dhabi, buku tentang Statio Orbis tanggal 27 Maret 2020, diterbitkan oleh penerbit Vatikan LEV, dan relief perunggu berjudul “Perdamaian adalah bunga yang rapuh.”

    Saat mempersembahkan patung itu, Paus Fransiskus berbicara beberapa patah kata dalam bahasa Spanyol mencatat bahwa “kita berada dalam masa perang, dan perdamaian sangat rapuh.” Ibu negara Brasil mempersembahkan Patung Our Lady of Nazarè dari Belem, Brasil.

    Pemimpin Brasil itu kemudian menuju ke Sekretariat Negara Vatikan untuk berbicara dengan Uskup Agung Edgar Peña Parra, Pengganti Urusan Umum di Sekretariat Negara. Kardinal Pietro Parolin, Sekretaris Negara Vatikan, saat ini berada di Udine, Italia, untuk presentasi buku tentang Albania.

    Kantor Pers mencatat juga pertukaran pandangan positif tentang situasi sosial-politik di wilayah tersebut dan bahwa tema-tema kepentingan bersama dibahas, seperti “mendorong perdamaian dan rekonsiliasi, perjuangan melawan kemiskinan dan ketidaksetaraan, penghormatan terhadap masyarakat adat. , serta perlindungan lingkungan.”

    Presiden Lula mencatat di depan umum bahwa di antara topik yang ingin dia diskusikan dengan Paus Fransisku adalah “perang melawan ketidaksetaraan” dan perang melawan kelaparan “di planet yang menghasilkan lebih banyak makanan daripada yang dikonsumsi.” Dia juga menyebutkan undangan baru kepada Paus untuk mengunjungi Brasil untuk kedua kalinya, setelah kunjungan Hari Pemuda Sedunia ke Rio de Janeiro pada Juli 2013 dan perjalanan apostolik kepausan pertamanya. Lula menyebutkan keinginannya agar Paus kembali ke Círio de Nazaré, salah satu festival Katolik terbesar di negara itu, yang diadakan setiap tahun di Belém, di negara bagian Pará.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI