Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Paroki Katredal Ruteng Merayakan Misa di Pasar, Usaha untuk Mewujudkan Ekonomi Berkelanjutan

Pastor Paroki Katedral Ruteng RD Gabriel Harim, Pr pimpinan misa di Pasar Puni Ruteng pada Minggu 14 Mei 2023. IST

MAUMERE, Pena Katolik – Pastor Paroki Katedral Ruteng, Romo Gabriel Harim menggelar Misa Kudus bersama ratusan pedagang di Pasar Puni-Ruteng, Manggarai, NTT Minggu 14 Mei 2023. Pemilihan lokasi ini adalah gebrakan baru di Keuskupan Ruteng.

Romo Gabriel beralasan, pemilihan lokasi ini dalam rangka tahun pastoral ekonomi berkelanjutan sebagai program Keuskupan Ruteng tahun 2023. Implementasi dari program ini dimulai dari tingkat keuskupan, kevikepan, Paroki, wilayah, Stasi, Kelompok Basis Gereja (KBG), bahkan sampai di keluarga-keluarga.

“Maka Dewan Paroki Katedral memprogramkan misa khusus untuk para pedagang dan umat lainnya yang menghuni Pasar Puni Ruteng ini,” cetusnya.

Romo Gabriel mengutip pernyataan sidang pastoral tahun ekonomi berkelanjutan pada Januari 2023, di mana usaha ekonomi mesti menjadi ruang perjumpaan, mempertemukan siapa saja sebagai saudara dan saudari dan usaha ekonomi mesti diresapi dan dimaknai dengan nilai-nilai kristiani demi kesejahteraan bersama dan penghargaan terhadap martabat manusia.

“Secara kristiani, ekonomi yang diperjuangkan adalah ekonomi communio yakni usaha ekonomi yang merangkul, mengisi dan saling menolong (subsidiaritas dan solidaritas), mengusahakan ekonomi yang adil yang berpusat pada manusia, merangkul orang-orang miskin, lemah dan sengsara,” ujarnya.

Secara teritorial, baik Pasar Puni maupun Pasar Inpres Ruteng sejatinya berada dalam wilayah Paroki Katedral Ruteng. Untuk itu, Paroki Katedral Ruteng bertanggungjawab terhadap pembinaan iman umat di dua pasar tersebut.

“Saya mengajak bapa dan ibu, saudara dan saudari para penjual dan penghuni di pasar ini mohon rawat persaudaraan, jangan ada permusuhan dan kebencian. Mari merajut persaudaraan dalam bingkai iman,” ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini