Kardinal Parolin: Eropa Tidak Dapat Menerima Keberlanjutan Perang di Ukraina

0
819
Kardinal Pietro Parolin. IST

ISLANDIA, Pena KAtolik – Kardinal Sekretaris Negara Pietro Parolin menyerukan Dewan Eropa untuk mengambil tindakan dan membangun perdamaian yang definitif dan adil di Ukraina. Kepala negara dan pemerintahan dari seluruh Eropa berkumpul di KTT ke-4 Dewan Eropa, pertemuan dua hari di Reykjavík, Islandia.

Kardinal Parolin mewakili Tahta Suci di KTT tersebut, hal ini karena Takhta Suci merupakan negara pengamat di Dewan Eropa, sebuah organisasi internasional yang berupaya menegakkan hak asasi manusia dan supremasi hukum di Eropa. Berbicara pada pertemuan pada hari Rabu, 17 Mei 2023, Kardinal Parolin menyampaikan salam Paus Fransiskus kepada para kepala negara yang hadir.

Deklarasi resmi KTT menggambarkan Dewan Eropa sebagai proyek perdamaian. Kardinal Parolin mendesak para pemimpin Eropa untuk bertanya pada diri mereka sendiri, memikirkan Ukraina yang dilanda perang, dan melihat di manakah upaya kreatif untuk perdamaian. Kardinal Parolin mengatakan Eropa tidak boleh melupakan rakyat Ukraina yang menderita dan mati.

“Kita tidak dapat menerima secara pasif bahwa perang agresi di negara yang tersiksa itu terus berlanjut,” katanya.

Kardinal Parolin mengakhiri pidato singkatnya di KTT Dewan Eropa dengan jaminan bahwa Tahta Suci akan melakukan yang terbaik untuk mengejar perdamaian di seluruh Eropa dan dunia.

“Ini adalah waktu untuk mengambil tindakan dan membangun perdamaian yang definitif dan adil di Ukraina, dan di semua yang disebut wilayah ‘abu-abu’ di Eropa,” katanya.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here