Paus Fransiskus: Umat Kristen dan Islam Berbagi Komitmen yang Sama untuk Kehidupan yang Semakin Baik

0
562
Paus Fransiskus bersama peserta Colloquium dengan Royal Institute for Inter-Faith Studies. IST

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengatakan, bahwa antara umat Islam dan Kristen sama sama memiliki komitmen untuk menciptakan kehidupan yang semakin baik. Paus mencatat bahwa ini adalah cara untuk memuliakan Tuhan dan sukacita bagi semua orang dalam peziarahan dunia.

Paus Fransiskus berbicara kepada para peserta Kolokium VI antara Dikasteri untuk Dialog Antaragama dan Institut Kerajaan Yordania untuk Studi Antar-Iman yang berpusat di Aman. Paus Fransiskus menyemangati setiap anggota dalam mengusahakan dialog dan mengembangkan nilai dan pesan universal.

Paus Fransiskus kemudian mengungkapkan penghargaan dan terima kasihnya kepada Raja Abdullah II dari Yordania atas perhatiannya kepada komunitas Kristen tidak hanya di negaranya sendiri tetapi juga di Timur Tengah pada umumnya, “khususnya di masa-masa yang ditandai oleh konflik dan kekerasan” .  Royal Institute for Interreligious Studies, lanjut Paus, “memiliki tujuan utamanya untuk melestarikan dan meningkatkan warisan Kristen Arab”.

“Saya hanya dapat mengungkapkan rasa terima kasih lebih lanjut, karena ini tidak hanya bermanfaat bagi warga Kristen di masa lalu dan hari ini, tetapi juga melindungi dan memperkuat warisan ini di seluruh Timur Tengah, yang begitu beragam dan kaya akan suku, agama, budaya, bahasa, dan tradisi”.

Mengakhiri pesannya, Paus mencatat bahwa dialog yang dipraktikkan dan dipromosikan membutuhkan gaya ketulusan dan saling menghormati jika ingin berbuah, dan membutuhkan “kesadaran akan konvergensi dan divergensi”. Dia berbicara tentang belas kasih untuk semua, sebelum menambahkan bahwa “kami juga percaya bahwa tidak semuanya berakhir dengan kematian, tetapi ada kehidupan lain, kekal, di mana kami akan memberikan pertanggungjawaban kepada Tuhan atas tindakan kami dan menerima hadiah atau hukuman”.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here