29.1 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Paus Fransiskus Menginginkan Kebenaran dalam Kasus Emanuela Orlandi

BERITA LAIN

More
    Ilustrasi Emanuela Orlandi, seorang remaja yang hilang di Vatikan yang menjadi subjek film dokumenter Netflix “Vatican Girl”. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Kepala jaksa pengadilan Negara Kota Vatikan, Alessandro Diddi hari Selasa, 11 April 2023 bertemu dengan saudara laki-laki Emanuela Orlandi, seorang gadis remaja yang hilang dari Kota Vatikan hampir 40 tahun lalu. Diddi mengatakan pada 11 April bahwa Paus Fransiskus telah memberinya “kebebasan maksimum untuk menyelidiki [kasus Orlando] dalam skala luas tanpa persyaratan apa pun.”

    “Paus Fransiskus dengan gigih mengejar keinginan untuk transparansi mutlak, pencarian kebenaran dan pemurnian,” kata Diddi seperti dilansir Corriere Della Sera.

    Emanuela berusia 15 tahun saat hilang di Kota SUci. Ia adalah putri dari Ercole Orlandi, utusan Prefektur Rumah Kepausan dan warga Negara Kota Vatikan. Ia hilang pada 22 Juni 1983, setelah berangkat untuk pelajaran musik Liturgi di Roma. Kehilangan ini kemudian mendominasi berita utama dan telah menjadi bahan spekulasi selama bertahun-tahun.

    Diddi bertemu dengan kakak laki-laki Emanuela, Piero, dan pengacaranya pada 11 April. Menurut juru bicara Vatikan Matteo Bruni, pertemuan tersebut, yang diminta oleh Peero, bertujuan untuk membuat pernyataannya sendiri dan memberikan informasi apa pun yang dimilikinya ke dalam file yang dibuka oleh promotor keadilan Vatikan pada bulan Januari 2023 lalu.

    “Pada bulan Januari tahun ini, saya menerima tugas dari paus untuk menangani kasus ini dan saya memutuskan untuk mengumpulkan semua informasi yang ditemukan dalam satu file, setelah segera memahami relevansi materi yang saya miliki,” kata Diddi. .

    “Sehubungan dengan inisiatif ini, komisi penyelidikan parlemen dibentuk di Italia dan oleh karena itu akan ada kolaborasi yang bermanfaat antara kedua negara.”

    Paus Fransiskus menunjuk Diddi sebagai kepala jaksa pada September 2022. Sebelum penunjukan tersebut, Diddi sudah menjabat sebagai penyelidik utama untuk pengadilan keuangan utama Vatikan. Ia menjadi penyelidik untuk kasus keuangan yang melibatkan terdakwa Kardinal Angelo Becciu dan sembilan orang lainnya. Ia juga memiliki latar belakang sebagai pengacara pembela pidana di Roma.

    Diddi mengklarifikasi dalam wawancara bahwa penyelidikannya terbatas pada batas-batas Negara Kota Vatikan. Sehingga, apabila penyelidikan ini akan dilakukan juga di Roma, ia perlu izin dari Hakim Kota Roma.

    “Saya diberi otonomi yang luas, tetapi untuk penyelidikan di tanah Italia, saya harus berurusan dengan kantor kejaksaan umum Roma dan dengan jaksa baru Francesco Lo Voi.”

    Pada bulan Januari diumumkan, bahwa penyelidikan atas kasus Emanuela akan dibuka kembali, sebagai tanggapan atas beberapa permintaan yang dibuat oleh keluarganya. Pernyataan Vatikan ini tidak merinci lebih lanjut, alasan mengapa kasus tersebut dibuka kembali, tetapi minat publik terhadap kasus tersebut muncul kembali pada musim gugur yang lalu setelah rilis “Vatican Girl: The Disappearance of Emanuela Orlandi” di Netflix.

    Serial dokumenter kejahatan nyata yang disutradarai oleh Mark Lewis ditayangkan perdana di layanan streaming tersebut pada Oktober 2022. Serial ini menampilkan wawancara dengan subjek yang mengajukan banyak teori tentang hilangnya Emanuela, meski tidak ada yang telah benar-benar terbukti kebenarannya.

    Pada April 2020, seorang hakim Vatikan secara resmi menutup kasus tersebut, yang telah dibuka kembali tahun sebelumnya, setelah anggota keluarga Emanuela menerima petunjuk, bahwa jenazah gadis itu mungkin berada di pemakaman Vatikan.

    Investigasi itu akhirnya mengizinkan pembukaan dua makam di pemakaman Kolese Teutonik, yang berada di properti milik Vatikan, yang berdekatan dengan Negara kota itu. Namun, kuburan itu belakangan diketahui benar-benar kosong. Namun secara tak terduga, pejabat Vatikan menemukan tulang manusia, yang mana bukan milik Orlandi.

    Tes ilmiah yang dilakukan pada Juli 2019 terhadap fragmen tulang yang ditemukan sehubungan dengan penyelidikan mengungkapkan bahwa tulang tersebut terlalu tua untuk menjadi jenazah Orlandi, menurut pernyataan Vatikan saat itu.

    Hampir dua minggu setelah dia menghilang, Paus Yohanes Paulus II menyebut dia dalam doa Angelus mingguannya dan meminta mereka yang bertanggung jawab atas kepergiannya untuk maju. Tak lama setelah ini, keluarganya mulai menerima telepon dari orang-orang yang mengaku terkait dengan kelompok nasionalis Turki yang mengatakan bahwa mereka telah menculik Orlandi sebagai alat tawar-menawar untuk mengamankan pembebasan Mehmet Ali Ağca, calon pembunuh John Paul. Ağca kemudian mengklaim beberapa kali, terakhir pada tahun 2006, bahwa Orlandi masih hidup dan sehat, mungkin di sebuah biara. Ini belum pernah dikonfirmasi.

    Yang lain berspekulasi bahwa Mafia Italia terlibat dalam penghilangannya atau bahwa dia diculik atas perintah seorang ulama untuk mengirim pesan kepada ayahnya yang bekerja di Vatikan.

    Serial dokumenter menyimpan untuk episode terakhir teori bahwa Vatikan terlibat dalam beberapa cara dalam hilangnya Orlandi, berdasarkan wawancara baru dengan teman masa kecil gadis yang hilang itu. Vatikan menyangkal berperan dalam kepergiannya.

    Menurut Diddi, baik paus maupun Sekretaris Negara Vatikan Kardinal Pietro Parolin telah mengatakan kepadanya “untuk tidak berdiam diri tentang apa pun” terkait kasus Orlandi.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI