25.6 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Paus Fransiskus di Sudan Selatan: “Dalam nama Yesus, letakkan senjata kebencian”

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus memimpin Misa di Juba Sudan Selatan sebagai kegiatan terkahirnya pada kunjungan apostolik terakhirnya ke Republik Demokratik Kongo dan Sudan Selatan. www.zawya.com

    JUBA, Pena Katolik – Pada Misa di Juba, Sudan Selatan pada hari Minggu, 5 Februari 2023, Paus Fransiskus mendesak umat Kristiani di negara Afrika yang dilanda perang untuk memberikan “kontribusi yang menentukan untuk mengubah sejarah”. Ia mendorong untuk menolak membalas kejahatan dengan kejahatan.

    “Dalam nama Yesus dan Kabar Bahagia, mari kita meletakkan senjata kebencian dan balas dendam, untuk mengangkat doa dan amal,” kata Paus Fransiskus.

    “Saya di sini bersama Anda dalam nama Yesus Kristus, Tuhan cinta, Tuhan yang mencapai kedamaian melalui salibnya. … Yesus, disalibkan dalam kehidupan begitu banyak dari Anda, dalam begitu banyak orang di negara ini; Yesus, Tuhan yang bangkit, pemenang atas kejahatan dan maut,” katanya.

    Lebih dari 100.000 orang menghadiri Misa kepausan di Juba yang diadakan di halaman mausoleum untuk memperingati John Garang, seorang pemimpin pembebasan yang dikenal sebagai “bapak Sudan Selatan,”. Meskipun ia meninggal dalam kecelakaan helikopter sebelum negara Afrika terbaru itu memperoleh kemerdekaannya di 2011, ia dianggap sebagai pahlawan karena perjuangannya dalam perang saudara.

    Perang saudara Sudan Selatan mengakibatkan kematian sekitar 400.000 orang. Negara itu mencapai kesepakatan perdamaian formal hampir tiga tahun lalu, namun konflik kekerasan berlanjut di beberapa bagian negara itu.

    Paus Fransiskus menggarisbawahi bahwa umat Kristiani Sudan Selatan dipanggil untuk menjadi “terang yang bersinar dalam kegelapan” dengan menghidupi Sabda Bahagia.

    “Negara ini, begitu indah namun dirusak oleh kekerasan, membutuhkan cahaya yang dimiliki oleh kalian masing-masing, atau lebih baik, cahaya yang kalian miliki masing-masing,” katanya.

    Presiden Salva Kiir Mayardit menghadiri Misa dengan duduk bersama lima wakil presiden Sudan Selatan, 10 gubernur negara bagian, dan para pemimpin politik penting lainnya.

    Dalam homilinya, Paus Fransiskus mengatakan bahwa umat Kristiani dipanggil untuk menjadi “orang yang mampu membangun hubungan manusia yang baik sebagai cara untuk mengekang korupsi kejahatan, penyakit perpecahan, kotornya transaksi bisnis yang curang, dan wabah ketidakadilan.”

    Misa di Juba merupakan “perhentian terakhir” dari peziarahan Paus Argentina ini di Afrika. Selama masa kepausannya, Afrika adalah benua yang paling banyak dikunjungi Fransiskus dalam perjalanan apostoliknya. Sebelumnya, ia pernah juga mengunjungi Maroko, Madagaskar, Mauritius, dan Mozambique.

    Pesawat Kepausan

    Kata-kata penyemangat itu adalah komentar publik terakhir yang diucapkan Paus Fransiskus di tanah Sudan Selatan pada akhir Perjalanan Apostoliknya yang ke-40 ke luar negeri. Selanjutnya, Paus Fransiskus berangkat dari Juba dengan pesawat kepausan menuju Roma, Italia menandai akhir dari Perjalanan Apostolik 6 hari ke Sudan Selatan dan Republik Demokratik Kongo.

    “Kamu ada di hatiku, kamu ada di hati kami, kamu ada di hati orang Kristen di seluruh dunia! Jangan pernah kehilangan harapan. Dan jangan kehilangan kesempatan untuk membangun perdamaian.”

    Pesawat kepausan berangkat dari Bandara Internasional Juba pada pukul 11.56 waktu setempat, membawa Paus dan lebih dari 70 wartawan untuk perjalanan pulang ke Roma. Selama enam hari terakhir, Paus Fransiskus berusaha menyampaikan pesan penghiburan dan harapan bagi rakyat Republik Demokratik Kongo dan Sudan Selatan. Dia berbicara dengan tegas dan sering tentang perlunya setiap orang untuk memupuk perdamaian dalam kehidupan mereka sendiri dan di negara mereka.

    “Negara ini, begitu luas dan penuh dengan kehidupan, diafragma Afrika ini, dilanda kekerasan seperti pukulan di perut, untuk beberapa waktu sepertinya terengah-engah.”

    Di Sudan Selatan dan Kongo, kerumunan besar hadir untuk mengikuti Misa yang dipimpin Paus. Lebih dari satu juta orang ikut Misa di ibu kota DR Kongo, Kinshasa, dan sekitar 100.000 umat berkumpul bersamanya di Juba, sekitar seperlima dari populasi ibu kota Sudan Selatan.

    Saat pesawat kepausan lepas landas dari Juba, Uskup Agung Stephen Ameyu Martin Mulla dari Juba mengatakan kepada SSBC, penyiar layanan publik nasional, bahwa Paus Fransiskus telah meninggalkan pesan harapan dan seruan bagi rakyat Sudan Selatan untuk tetap bersatu dan berjuang menuju perdamaian.

    “Hanya dengan peduli terhadap saudara-saudara kita, kita dapat benar-benar mewujudkan kedamaian ini,” katanya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI