28.8 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Suster Tertua, yang juga Manusia Tertua di Dunia saat ini, Suster Andre, Meninggal pada Usia 118 Tahun

BERITA LAIN

More
    Sr Andrea Lucile Randon DC bersama beberapa kenalan dan keluarga. IST

    PERANCIS, Pena Katolik – Suster Andre Lucile Randon DC, seorang biarawati Prancis dan orang tertua di dunia, telah meninggal dunia pada usia 118 tahun, 17 Januari 2023. Ia wafat di biara tempat ia tinggal di Toulon, Perancis. Sr. Andre adalah biarawati dari Kongregasi Suster Cinta Kasih St Vincentius a Paulo (Societas Filiarum Caritatis a Sancto Vincentio de Paulo/DC)

    Sr. Andre menjadi orang tertua di dunia pada 19 April 2022, ketika Kane Tanaka dari Jepang meninggal pada usia 119 tahun.

    “Ada kesedihan yang luar biasa tapi… itu adalah keinginannya untuk bergabung dengan kakak tercintanya. Baginya, ini adalah sebuah pembebasan,” kata David Tavella dari panti jompo Sainte-Catherine-Laboure.

    Lucile Randon lahir pada 11 Februari 1904, di Alés, Prancis, dia beralih dari Protestan ke Katolik ketika dia berusia 19 tahun. Dia melayani anak-anak kecil dan orang tua di rumah sakit Prancis sampai dia menjadi seorang biarawati pada usia 40 tahun. Dia bergabung Kongregasi Suster Cinta Kasih St Vincentius a Paulo pada tahun 1944. Dia mengambil nama Suster Andre untuk menghormati almarhum kakaknya.

    Tujuh puluh enam tahun kemudian, Suster Andre pindah ke Toulon, di Prancis selatan, di mana dia tinggal di panti jompo Sainte Catherine Labouré. Di sinilah dia meninggal.

    Pada tahun 2021 dia dinyatakan positif Covid-19. Dia diisolasi dari warga lain tetapi tidak menunjukkan gejala. Ditanya apakah dia takut pada Covid-19, Suster Andre mengatakan tidak takut. Ia juga melewati masa ketika dunia menghadapi Flu Spanyol.

     “Tidak, saya tidak takut karena saya tidak takut mati … Saya senang bersama Anda, tetapi saya ingin berada di suatu tempat. lain – bergabung dengan kakak laki-laki saya dan kakek saya dan nenek saya,” ujarnya.

    Untuk ulang tahunnya yang ke-115 di tahun 2019, Suster Andre menerima sebuah kartu dan rosario yang diberkati dari Paus Fransiskus, yang digunakannya setiap hari. Ketika dia berusia 116 tahun pada tahun 2020, biarawati Vinsensian itu membagikan “resep untuk hidup bahagia” – doa dan secangkir cokelat panas setiap hari.

    Setelah keperian Sr Andre, orang tertua di dunia kini adalah Maria Branyas Morera yang berusia 115 tahun, warga Spanyol.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI