29.7 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Dikonfirmasi ada 50 wanita diculik saat krisis memburuk di Burkina Faso

BERITA LAIN

More
    (File foto) Para pengunjuk rasa berkumpul di sekitar kendaraan tentara ketika mereka berdemonstrasi di Ouagadougou, Burkina Faso (AFP atau pemberi lisensi)

    Pena Katolik– Staf Vatikan News pada 17 Januari 2023, 14:50 waktu Vatikan merilis pemberitaan tentang penculikan yang terjadi di Faso. Setidaknya ada 50 wanita telah diculik di wilayah Sahel Burkina Faso, karena para pemberontak terus membuat kondisi kehidupan tak tertahankan.

    Sedikitnya 50 wanita telah diculik oleh tersangka pemberontak di wilayah Sahel utara Burkina Faso. Perempuan-perempuan itu dikatakan diculik antara 12-13 Januari, saat mencari buah beberapa kilometer jauhnya dari desa mereka. Rodolphe Sorgho, gubernur Sahel, mengumumkan perkembangan tersebut dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

    “Gubernur wilayah Sahel menyampaikan kepada publik bahwa pada tanggal 12 dan 13 Januari 2023, masing-masing sekitar lima puluh perempuan diculik oleh kelompok bersenjata teroris sekitar 15 kilometer dari Arbinda (desa Liki) dan di lokasi lain yang terletak di sebelah ke Barat Aribinda, di provinsi Soum,” demikian bunyi pernyataan itu.

    Lanjutan dari Sementara mereka pergi mencari buah-buahan liar, istri, ibu dan anak perempuan ini diambil secara tidak adil oleh orang-orang bersenjata,” katanya. “Segera setelah hilangnya mereka dilaporkan, penelitian dilakukan untuk menemukan semua korban yang tidak bersalah ini. segar bugar.”

    Pemberontakan yang berlangsung lama

    Burkina Faso adalah salah satu dari beberapa negara di Afrika Barat yang memerangi pemberontakan.

    Di tengah kegagalan pemerintahan berturut-turut untuk mengekang pemberontakan secara efektif, negara tersebut mengalami dua kudeta militer pada tahun 2022, menyebabkan ketidakstabilan politik.

    Kekerasan terkait dengan ekstremisme Islam telah mengakibatkan kematian ribuan orang, sementara lebih dari 2,7 juta orang mengungsi di seluruh Sahel, di mana ketidakamanan telah mempengaruhi pertanian dan berkontribusi terhadap meningkatnya tingkat kelaparan.

    Banyak bagian negara telah terputus dan dikendalikan oleh pemberontak dalam beberapa bulan terakhir, menyebabkan kekurangan pangan akut, dan menjadi semakin berbahaya untuk mengirimkan pasokan ke warga.

    Kerabat perempuan yang hilang mengatakan kepada Reuters bahwa para korban mencari makan di semak-semak di sekitarnya karena tidak cukup lagi untuk memberi makan keluarga mereka di desa.

    Gubernur wilayah Sahel menyatakan solidaritasnya dengan keluarga para korban, dan mengatakan otoritas publik akan “berpihak pada mereka di masa-masa sulit ini dan tetap berkomitmen untuk menerapkan hasil yang membahagiakan dari situasi tersebut”. (PEN@/Sam/VatikanNews).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI