32.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Paus Fransiskus belasungkawa atas para korban serangan gereja Pantekosta di DR Kongo

BERITA LAIN

More
    Pengeboman hari Minggu terjadi di mana para jemaah berkumpul untuk kebaktian

    Pena Katolik– Paus Fransiskus mengungkapkan belasungkawa atas para korban serangan terhadap sebuah gereja Pantekosta di Republik Demokratik Kongo. Saat Paus Fransiskus bersiap untuk mengunjungi Republik Demokratik Kongo pada 31 Januari hingga 3 Februari, serangan kekerasan terus menyebabkan banyak warga sipil tewas atau terluka, terutama di bagian timur negara Afrika Tengah itu.

    Dalam serangan terbaru, tersangka teroris membom gereja Pantekosta di timur kota Kasindi pada hari Minggu. Ratusan jemaah telah berkumpul untuk menyambut anggota baru ke komunitas dalam pembaptisan. Sebuah ledakan mengguncang halaman gereja, menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai lebih dari 40 lainnya.

    Apa yang disebut Negara Islam mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, dan tentara Kongo menyalahkan Pasukan Demokrat Sekutu (ADF), yang bersekutu dengan ISIS.

    Kesedihan Paus atas penyerangan

    Paus Fransiskus mengungkapkan kesedihannya atas pengeboman teroris dalam sebuah telegram yang dikirim pada hari Selasa. Kardinal Sekretaris Negara Pietro Parolin menandatangani telegram, yang ditujukan kepada Pendeta André Bokundoa-Bo-Likabe, Presiden Gereja Kristus di Kongo.

    “Sedih mengetahui serangan terhadap sebuah gereja Pantekosta di Kasindi, yang menyebabkan kematian orang tak bersalah,” kata Paus.

    Dia juga mengungkapkan “belas kasih dan kedekatannya dengan semua keluarga yang terkena dampak tragedi itu.”

    Bapa Suci mempercayakan para korban kepada belas kasihan Tuhan.

    Paus Fransiskus mengakhiri telegramnya dengan berdoa kepada “Kristus, Tuhan kehidupan, agar mereka yang terkena dampak dapat melawan penghiburan dan kepercayaan kepada Tuhan” dan memohon kepada mereka karunia perdamaian.

    Kekerasan telah merenggut banyak nyawa di Kongo timur selama beberapa dekade, dengan lebih dari 120 kelompok bersenjata dan milisi aktif di wilayah tersebut.

    Setidaknya 6 juta orang telah terlantar akibat kekerasan, banyak di antaranya menghadapi kerawanan pangan yang ekstrim, menurut PBB. (PEN@/Sam-Devin/VatikanNews).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI