26.5 C
Jakarta
Friday, May 17, 2024

Situs Kolam Siloam, Tempat Yesus Menyembuhkan Seorang Buta, Dibuka untuk Umum

BERITA LAIN

More
    Ilustrasi Kolam Siloam. IST

    YERUSALEM, Pena Katolik – Situs penggalian Kolam Siloam di Yerusalem, tempat di mana Yesus memulihkan penglihatan orang buta, akan dibuka untuk umum untuk pertama kalinya. Israel Antiquities Authority (IAA), Israel National Parks Authority, dan City of David Foundation mengumumkan dimulainya penggalian yang akan memungkinkan pengungkapan penuh Kolam Siloam.

    Pengunjung akan dapat melihat tahap penggalian kolam yang dalam beberapa bulan mendatang akan menjadi bagian dari jalur wisata dari Kota Daud hingga Tembok Barat Yerusalem. Menurut Perjanjian Lama, Kolam Siloam dibangun pada masa pemerintahan Raja Hizkia (2 Raja-raja 20:20).

    Kolam itu adalah tempat salah satu mukjizat paling terkenal yang dilakukan oleh Yesus. Setelah Yesus mengolesi mata seorang buta dengan lumpur dan ludah, Ia menyuruh orang itu membasuhnya di Kolam Siloam. Di sana orang itu dapat melihat kembali (Yohanes 9:1-7).

    Pada tahun 1980, para arkeolog menemukan indikasi pertama dari lokasi situs alkitabiah terkenal ini, yang terletak di luar tembok Kota Tua Yerusalem. Namun, mereka harus menunggu hingga tahun 2005 untuk secara resmi mengkonfirmasi penemuan mereka.

    “Menurut perkiraan, Kolam Siloam mengalami beberapa tahap pengembangan, dan pada puncak kemegahannya, kira-kira berukuran 5 dunam (1,25 hektar), dan bertaktahkan batu ubin yang indah,” ujar juru bicara IAA menjelaskan.

    Penggalian juga mengungkapkan bahwa kolam itu selebar 225 kaki, dan ada tangga di setidaknya tiga sisi kolam. Walikota Yerusalem, Moshe Lion, memuji dimulainya proyek tersebut.

    “Kolam Siloam di Taman Nasional Kota Daud di Yerusalem adalah situs bersejarah, nasional, dan internasional,” katanya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI