33.3 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Imam yang Pernah Disiksa di Penangkaran ISIS Terpilih sebagai Uskup di Suriah

BERITA LAIN

More
    Uskup Agung Jacques Mourad. Aleteia

    SURIAH, Pena Katolik – Imam Suriah yang menghabiskan lima bulan ditawan oleh kelompok jihad Negara Islam (ISIS) telah terpilih sebagai Uskup Agung Homs, Suriah. Keuskupan Agung Homs adalah salah satu dari 23 Gereja Katolik Timur yang bersekutu dengan Roma. Gereja Katolik Syria memiliki sekitar 175.000 umat di Timur Tengah dan diaspora.

    Uskup Agung Mourad mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Aleteia pada tahun 2015 bahwa dia “merasakan kehadiran Yesus” selama penahanannya selama berbulan-bulan. Mgr. Mourad, 54, lahir di Aleppo, Suriah, dan lulus dari seminari di Charfet, Lebanon. Dia lulus dari Universitas Roh Kudus Kaslik dan membuat kaul religius pada 20 Juli 1993, di komunitas monastik Katolik Syria di Deir Mar Mousa Al-Abashi, sekitar 50 mil sebelah utara Damaskus. Dia adalah salah satu pendiri biara bersama seorang Jesuit, Pastor Paolo Dall’Oglio SJ, seorang imam Italia, yang diculik pada tahun 2013, dan tidak terdengar kabarnya lagi.

    Mgr. Mourad ditahbiskan sebagai imam pada 28 Agustus 1993, dan dari tahun 2000 hingga 2015 memimpin biara ekumenis Mar Elian, dekat kota Qaryatayn, sekitar 62 mil dari Palmyra. Misi utamanya kemudian adalah bekerja untuk dialog dengan umat Islam.

    Kantor Berita Internasional Asyur mengatakan bahwa Mar Elian didirikan pada abad ke-5 sebagai Biara Ortodoks Syria. Pada abad ke-17, Mar Elian menjadi Katolik.

    Perang sipil

    Selama perang saudara Suriah, kota Qaryatayn berulang kali ditaklukkan oleh milisi anti-Assad dan dibom oleh militer Suriah. Mgr. Mourad, bersama dengan seorang pengacara Sunni, bertindak sebagai mediator untuk memastikan bahwa pusat kota berpenduduk 35.000 jiwa itu terhindar dari bentrokan bersenjata untuk waktu yang lama.

    Biaranya menampung ratusan pengungsi, termasuk lebih dari 100 anak di bawah usia 10 tahun. Mgr. Mourad dan teman-temannya menyediakan kebutuhan dasar untuk kelangsungan hidup mereka dengan mencari bantuan bahkan dari para donatur Muslim.

    Pada 21 Mei 2015, Mgr. Mourad diculik dari Quaryatayn oleh pria bersenjata tak dikenal saat ISIS menyerbu Palmyra. Kelompok jihad menghancurkan biara St. Elian. Ia kemudian menggambarkan kehidupannya di penangkaran, dengan mengatakan militan ISIS menahannya selama empat hari terkunci di dalam mobil di pegunungan sebelum memindahkannya.

    Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Lebanon L’Orient-Le jour, dia menggambarkan bagaimana dia diancam akan dipenggal beberapa kali, jika dia tidak masuk Islam; dia dicambuk dan menjadi sasaran eksekusi.

    “Minggu pertama adalah yang paling sulit: Setelah ditahan selama beberapa hari di dalam mobil, saya dibawa, pada hari Minggu Pentakosta, ke Raqqa [ibu kota Suriah milik ISIS]. Saya menjalani hari-hari pertama di penangkaran yang saya rasakan antara ketakutan, kemarahan, dan rasa malu,” katanya.

    Pada hari kedelapan, seseorang berpakaian hitam memasuki selnya. Sementara imam itu percaya ajalnya sudah dekat, pria itu memulai percakapan. Mourad bertanya mengapa dia diculik. “Anggap saja ini sebagai retret spiritual,” jawab sipirnya. “Sejak saat itu, doa saya, hari-hari saya menjadi bermakna, katanya. “

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI