27.8 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Parade Tiga Raja di Polandia diikuti 1,5 Juta Peserta

BERITA LAIN

More
    Parade Hari Raya Tiga Raja di Polandia. IST

    POLANDIA, Pena Katolik – Pawai Tiga Raja turun ke jalan-jalan di 800 kota Polandia pada 6 Januari untuk pesta Epiphany diperkirakan diikuti sekitar 1,5 juta orang. Umat mengambil bagian dalam apa yang diyakini sebagai kontes jalan Nativity terbesar di dunia. Tahun ini, lagu-lagu Natal dinyanyikan tidak hanya dalam bahasa Polandia, tetapi juga dalam bahasa Ukraina.

    “Kami berharap Anda dan tanah air Anda lebih damai daripada perang. Kami berharap Anda dan harapan tanah air Anda yang lebih kuat dari kematian. Kemuliaan bagi Ukraina,” kata Uskup Auksilier Keuskupan Warsawa yang berasal dari Ukraina, Mgr.  Michał Janocha.

    Tanggal 6 Januari adalah hari raya Epifani, yang biasanya disebut sebagai Hari Tiga Raja, atau hari tiga orang Majus. Di Polandia, ini adalah hari libur. Di banyak kota di seluruh negeri, prosesi penuh warna diadakan untuk memperingati acara tersebut, dengan para peserta mengenang perjalanan tiga Orang Majus yang tiba di Bethlehem untuk memberi penghormatan kepada Yesus yang baru lahir.

    Setelah doa Angelusnya pada 6 Januari di Vatikan, Paus Fransiskus menyapa semua peserta Parade Tiga Raja, dengan mengatakan: “Saya juga menyampaikan pikiran saya pada ‘Parade Tiga Raja’ yang berlangsung di begitu banyak kota dan desa di Polandia. hari ini.”

    Moto Parade Tiga Raja tahun ini adalah “Mari kita mengikuti bintang.” Menurut penyelenggara: “Bintang itu mendorong Orang Majus dari Timur untuk memulai perjalanan mereka. Kita masing-masing membutuhkan pembimbing yang baik untuk mengarahkan kita ke arah yang benar menuju Kristus.”

    Tahun ini, 753 parade Tiga Raja dilaporkan di Polandia dan sekitar selusin di Jerman, Inggris, Prancis, Kamerun, Rwanda, dan Zambia. Pawai tersebut mengumpulkan hampir 2 juta orang setiap tahun.

    Kata-kata penghargaan dan terima kasih khusus ditujukan kepada para peserta dan penyelenggara pawai oleh Presiden Polandia Andrzej Duda. Dia menekankan bahwa peristiwa ini berkontribusi untuk menghidupkan kembali dan mempopulerkan Natal Polandia dan tradisi lagu Natal di abad ke-21. Dengan demikian, tradisi ini memperkuat identitas dan ikatan keluarga dari mereka yang dengan berani menunjukkan iman Kristiani mereka di jalan-jalan dan alun-alun kota Polandia. Acara tersebut disertai dengan penggalangan dana untuk sebuah sekolah kejuruan di Nairobi, Kenya, yang terletak di sebelah daerah kumuh terbesar di dunia.

    Parade Tiga Raja saat ini adalah salah satu kontes Natal jalanan terbesar di dunia. Pada tahun 2022, perayaan ini menarik sebanyak 1,2 juta peserta di 668 kota besar dan kecil di seluruh Polandia dan di empat benua. Prosesi penuh warna berbaris di jalan-jalan di banyak negara, termasuk Ekuador, Amerika Serikat, Rwanda, Kamerun, Zambia, dan Chad.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI