29.5 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Semana Santa akan Kembali Diadakan tahun 2023, Uskup Larantuka Mengumumkan

BERITA LAIN

More
    Prosesi Semana Santa di Keuskupan Larantuka. IST

    LARANTUKA, Pena Katolik –Prosesi Semana Santa akan diadakan tahun ini. Sudah selama tiga tahun tradisi Semana Santa di Larantuka di Kabupaten Flores Timur, Pulau Flores tidak dihelat akibat pandemi Covid-19.

    Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung mengatakan, bahwa Semana Santa akan diadakan kembali.

    “Mudah-mudahan tahun ini Semana Santa kembali diselenggarakan. Saya kira semua umat sangat merindukannya,” ujarnya, Selasa 10 Januari 2023 di Larantuka.

    Mgr. Fransiskus mengatakan, diselenggarakannya lagi Semana Santa karena semakin landai kasus penularan Covid-19. Ia juga menyinggung pencabutan kebijakan PPKM oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini yang mendasari penyelenggaraan Semana Santa di Larantuka tahun ini.

    Mgr. Fransiskus mengatakan kepastian terkait tanggal akan diumumkan secara resmi sebelum akhir bulan Januari 2023. Namum, Mgr Fransiskus tetap mengingatkan agar umat selalu waspada dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

    “Saya akan umumkan bahwa perayaan itu (Semana Santa) jadi, tetapi tetap dengan persyaratan. Kita mesti terus waspada dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.

    Umat di Larantuka tentu memahami situasi Covid-19, selama tiga tahun ini, liturgi pekan suci tetap dilaksanakan seperti biasa, meski devosinya dibatalkan untuk menghindari kerumunan massa.

    “Sudah tiga tahun kita belum bisa merayakan (Semana Santa) yaitu tahun 2020, 2021, dan 2022 karena kondisi pandemi Covid-19. Semua umat tentu memahami kondisi itu sehingga kita belum bisa laksanakan,” ucapnya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI